PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ENKRIPSI DEKRIPSI PADA PESAN TEKS DENGAN MELAKUKAN MODIFIKASI PADA CIPHER HILL DAN MENGKOMBINASIKAN METODE SSB-4 PADA MEDIA CITRA DIGITAL

Nofrizal Saragih

Informasi Dasar

111088091
005.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berkembangnya teknologi informasi berpengaruh besar pada meningkatnya kejahatan cyber di bidang komunikasi dan informasi khususnya pertukaran pesan melalui media elektronik. kombinasi dari keunggulan kriptografi dalam penyamaran pesan dan keunggulan steganografi untuk menyembunyikan pesan dalam suatu media tertentu menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menanggulangi masalah tersebut.
Tugas akhir ini merancang dan mensimulasikan sebuah kombinasi sistem yang memanfaatkan keunggulan kriptografi dan steganografi pada pesan teks terhadap citra digital. Metode yang digunakan adalah SSB-4, yaitu teknik penggantian bit ke-4. Tiap bit dari karakter pesan akan di sisipkan pada sebuah citra digital sebagai cover image pada bit ke-4 di setiap pixel. untuk meningkatkan keamanan maka pesan yang disisipkan di enkripsi terlebih dahulu menggunakan algoritma Cipher Hill yang telah dimodifikasi. Algoritma Cipher Hill yang telah dimodifikasi melakukan penyamaran pada karakter pesan (plaintext) menjadi susunan karakter yang tak bermakna (ciphertext) dengan memanfaatkan perluasan invers matriks (pseudoinvers) pada kunci yang digunakan. Proses enkripsi menghasilkan panjang karakter ciphertext yang tidak sama dengan panjang karakter plaintext sehingga lebih menyamarkan pesan yang disisipkan pada cover image.

Dari hasil pengujian yang sudah dilakukan, sistem yang dibentuk memiliki tingkat keamanan yang cukup baik begitu juga dengan stego image yang dihasilkan masih memiliki kualitas yang baik. Tetapi sistem ini memiliki kendala yaitu hanya memiliki ketahanan terhadap pemberian noise dengan batas level tertentu. SSB-4, Pseudoinvers, Cipher Hill, Plaintext, cover Image, Stego Image.

Subjek

DATA SECURITY
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ENKRIPSI DEKRIPSI PADA PESAN TEKS DENGAN MELAKUKAN MODIFIKASI PADA CIPHER HILL DAN MENGKOMBINASIKAN METODE SSB-4 PADA MEDIA CITRA DIGITAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nofrizal Saragih
Perorangan
KOREDIANTO USMAN, RITA MAGDALENA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini