STUDI PERANCANGAN BUTLER MATRIX 4X4 UNTUK ANTENA ARRAY BEAMFORMING

I GEDE MAHERA MAHAPUTRA

Informasi Dasar

111098019
621.382 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada sistem komunikasi radio, salah satu kendala yang sering dihadapi adalah masalah pengarahan berkas antena. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut digunakan suatu teknik pembentukan pola radiasi antena atau yang disebut beamforming. Diharapkan dengan teknik beamforming, pola radiasi antena dapat diarahkan maksimum sesuai dengan diinginkan sehingga masalah pada sistem komunikasi radio dapat diminimalkan.

Untuk merealisasikan beamforming tersebut digunakan suatu butler matrix. Pada tugas akhir ini, dirancang dan dibangun butler matrix 4 x 4 dimana terdapat 4 hybrid, 2 penggeser fasa, dan 2 cross over. Butler matrix ini direalisasikan pada printed circuit board (PCB) dengan perhitungan yang dilakukan dalam perancangan.

Proses pengerjaan dari tugas akhir ini, pertama-tama menentukan spesifikasi butler matrix. Kemudian dilanjutkan dengan proses perhitungan rancang bangun butler matrix tersebut, serta disimulasikan pada software Ansoft HFSS. Setelah mendapatkan hasil dari simulasi yang sesuai dengan spesifikasi, proses berikutnya adalah butler matrix dibangun dan diuji sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan.

Semua analisis yang valid nantinya bisa menghasilkan suatu bentuk konfigurasi butler matrix 4 x 4 untuk antena array beamforming. beamforming, butler matrix

Subjek

Antennas-design & construction - cad-antennas.
 

Katalog

STUDI PERANCANGAN BUTLER MATRIX 4X4 UNTUK ANTENA ARRAY BEAMFORMING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I GEDE MAHERA MAHAPUTRA
Perorangan
SUPRAYOGI, TEA TEARALANGI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini