PERANCANGAN JARINGAN AKSES FIBER TO THE HOME (HOME) MENGGUNAKAN TEKNOLOGI GIGABIT PASSIVE OPTICAL NETWORK (GPON) DI CITYLIGHT

Grace Margareth

Informasi Dasar

111101176
621.369 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

CityLight Residence yang berada pada Jalan Suryalaya Bandung merupakan konsep hunian apartment, rukan, dan townhouse yang memiliki berbagai fasilitas lengkap dan modern. PT. Telkom di Bandung memiliki inisiatif untuk memberikan layanan Fiber To The Home (FTTH) menggunakan teknologi Gigabit Passive Optical Network (GPON) kepada seluruh hunian lama maupun hunian baru untuk dapat memberikan performansi yang baik pada layanan yang diberikan oleh PT. Telkom. CityLight Residence sendiri merupakan salah satu hunian baru yang masih dalam perancangan dan akan mengimplementasikan FTTH.
Dalam tugas akhir ini dilakukan perhitungan terhadap parameter-parameter kelayakan dan performansi sistem perancangan FTTH yang ingin diimplementasikan pada CityLight Residence. Parameter-parameter tersebut adalah Link Power Budget dan Rise Time Budget untuk kelayakan sistem. Nilai parameter tersebut dihitung secara manual dan dibandingkan dengan hasil menggunakan perangkat lunak Opti System. Selain itu parameter lainnya adalah Bit Error Rate (BER) untuk performansi sistem. Parameter ini dapat dilihat dengan membuat simulasi perancangan jaringan pada Opti System.
Hasil perhitungan manual link power budget, yaitu total redaman yang dihasilkan untuk jarak terdekat adalah sebesar 3.86155 dB untuk linkupstream dan 18.5566 dB untuk link downstreamsedangkan total redaman untuk jarak terjauh adalah sebesar 4.91825 dB untuk link upstream dan 19.589 dB untuk link downstream. Hasil dari perhitungan tersebut masih memenuhi standar yang ditentukan oleh ITU-T G.984 yang kemudian diikuti oleh PT. Telkom, yaitu sebesar 28 dBm. Berdasarkan nilai total redaman pada jarak terdekat didapatkan nilai daya terima sebesar -9.36155 dBm untuk upstream dan -21.5566 dBm untuk downstream. Dan pada jarak terjauh didapatkan nilai daya terima sebesar -10.48125 dBm untuk upstream dan -22.589 dBm untuk downstream.Sedangkan untuk nilai rise time budgetdidapatkan nilai waktu batasan adalah sebesar 0,2814 ns untuk pengkodean RZ dan 0.5627 ns untuk pengkodean NRZ. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai tsystem adalah sebesar 0.0451 ns baik untuk upstream maupun downstream.Hasil rise time budget yang didapatkan bernilai baik karena tsystem yang lebih kecil dari batasan waktu untuk tiap pengkodean. Untuk parameter performansi sistem yaitu BER yang dihasilkan dari simulasi di Opti System, didapatkan nilai BER untuk upstream mendekati nol (0) dan nilai BER untuk downstream 3.41 x 10-132. Kedua nilai tersebut memenuhi nilai minimum BER yang ditentukan untuk optik, yaitu 10-9.
FTTH, GPON, Link Power Budget, Rise Time Budget, Bit Error Rate, CityLight Residence, Opti System

Subjek

Fiber optics
 

Katalog

PERANCANGAN JARINGAN AKSES FIBER TO THE HOME (HOME) MENGGUNAKAN TEKNOLOGI GIGABIT PASSIVE OPTICAL NETWORK (GPON) DI CITYLIGHT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Grace Margareth
Perorangan
Sugito, Bambang Uripno
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini