Simulasi dan Analisis Steganografi Ganda Pada Video Menggunakan Metode Dual Tree Complex Wavelet Transform (DT-CWT) dan Discrete Wavelet Transform (DWT)

Rizki Fauzi

Informasi Dasar

111101206
005.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kerahasiaan sebuah data dalam proses pertukaran data antar perangkat menjadi faktor yang sangat penting untuk diperhatikan seiring dengan banyaknya data yang dicuri oleh orang lain. Untuk menghindari hal tersebut, diperlukan suatu teknik pengamanan data, salah satunya yaitu dengan teknik steganografi. Steganografi adalah teknik penyembunyian data rahasia pada sebuah data penampung, dimana keberadaan data rahasia tersebut diharapkan tidak mengundang kecurigaan dan tidak terlihat oleh indra manusia. Namun, penggunaan steganografi diperlukan modifikasi untuk meningkatkan keamanan data rahasia tersebut. Salah satu modifikasinya yaitu dengan menggandakan proses steganografi.
Pada tugas akhir ini telah dilakukan dua kali proses penyembunyian pesan dengan teknik steganografi atau steganografi ganda. Data rahasia yang disembunyikan berupa gambar black and white dengan format *.bmp ( bitmap ) yang disisipkan ke dalam sebuah gambar grayscale ber format *.bmp menggunakan metode Dual Tree Complex Wavelet Transform ( DTCWT ) . Kemudian dilakukan penyisipan kedua dengan menyisipkan gambar yang telah tersisipi pesan rahasia tersebut ( stegoimage ) ke dalam file penampung berupa video berformat *.avi ( audio video interleave ) dengan menggunakan metode Discrete Wavelet Transform (DWT).
Berdasarkan dari hasil pengujian, sistem yang dirancang memiliki performansi yang cukup bagus dilihat dari nilai SNR video stego yang berkisar antara

45.9dB

62.46 dB. Sistem juga memiliki ketahanan yang tinggi terhadap serangan AWGN dilihat dari hasil ekstraksi pesan yang menghasilkan nilai B ER 0 saat diberikan serangan AWGN 50dB . Steganografi ganda, Dual Tree Complex Wavelet Transform , Discrete Wavelet Transform, Signal to Noise Ratio, Additive White Gaussian Noise, Bit Error Rate

Subjek

DATA SECURITY
 

Katalog

Simulasi dan Analisis Steganografi Ganda Pada Video Menggunakan Metode Dual Tree Complex Wavelet Transform (DT-CWT) dan Discrete Wavelet Transform (DWT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rizki Fauzi
Perorangan
Bambang Hidayat, Nur Andini
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini