UNJUK KERJA TRELLIS CODED ORTHOGONAL FREQUENCY DIVISION MULTIPLEXING (TCOFDM) PADA KANAL MULTIPATH FADING (PERFORMANCE OF TRELLIS CODED ORTHOGONAL FREQUENCY DIVISION MULTIPLEXING (TCOFDM) ON MULTIPATH FADING CHANNEL)

Ardian Tri Prasetya

Informasi Dasar

111990372
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebutuhan komunikasi radio dengan laju data yang tinggi diperlukan untuk mendukung berbagai layanan data maupun suara. Pada teknik modulasi single carrier, dengan semakin tinggi laju data maka periode simbol akan semakin pendek sehingga bila periode simbol lebih kecil dibandingkan delay spread kanal maka kemungkinan akan menimbulkan efek intersymbol interference (ISI), fenomena ini dalam domain frekuensi dijelaskan dengan adanya efek frequency selective fading.
Teknik modulasi multicarrier Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM) dikembangkan untuk mengatasi gangguan yang terjadi pada sistem modulasi single carrier. Dengan mentransmisikan sinyal secara paralel pada beberapa subcarrier maka periode simbol akan lebih panjang dan dengan penggunaan guard interval maka efek ISI bisa dihilangkan. Dengan subcarrier yang memiliki bandwidth yang lebih kecil dibandingkan dengan bandwidth koheren kanal maka akan terhindar efek frequency selective fading. Pemakaian subcarrier yang saling orthogonal dan overlap akan meningkatkan efisiensi bandwidth.
Penggunaan teknik pengkodean Trellis Code Modulation (TCM) diharapkan akan meningkatkan kinerja sistem, dimana teknik pengkodean ini sesuai untuk sistem dengan daya dan bandwidth terbatas. Spesifikasi TCM yang digunakan adalah 256 state, rate 1/2 , susunan generator g0=475 g1=212, dan menggunakan teknik mapping sinyal quadrature phase shift keying (QPSK). Untuk lebih meningkatkan kinerja sistem dilakukan juga estimasi kanal untuk mengukur karakteristik kanal yang digunakan untuk mengkompensasi sinyal pada penerima. Teknik estimasi kanal yang digunakan adalah dengan metode pilot tones.
Hasil simulasi pada kanal AWGN menunjukkan penggunaan TCM mampu memberikan coding gain sekitar 6 dB pada nilai BER 10-5. Pada kanal multipath fading, penggunaan estimator kanal dan pengkodean mampu memberikan gain total pada nilai BER 10-5 sebesar 6 dB untuk kanal dengan frekuensi doppler 0 Hz dan 10,7 dB untuk kanal dengan frekuensi doppler 9Hz.

Subjek

ENGINEERING
 

Katalog

UNJUK KERJA TRELLIS CODED ORTHOGONAL FREQUENCY DIVISION MULTIPLEXING (TCOFDM) PADA KANAL MULTIPATH FADING (PERFORMANCE OF TRELLIS CODED ORTHOGONAL FREQUENCY DIVISION MULTIPLEXING (TCOFDM) ON MULTIPATH FADING CHANNEL)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ardian Tri Prasetya
Perorangan
-; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini