PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DENGAN METODA WATERFALL DI NTC

RACHMA AGUSTIN

Informasi Dasar

112010083
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kemajuan pesat teknologi informasi (TI) telah menyebabkan meningkatnya kebutuhan SDM dibidang TI. Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) bekerja sama dengan Nation Institute for Information Technology (NIIT) untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam penyediaan tenaga kerja TI. Sampai semester ganjil 2006, NTC masih belum memperoleh keuntungan dari target yang diharapkan. Agar tetap eksis dan terus dapat bersaing dibidang bisnis, salah satu rekomendasi dari analisis laporan keuangan yang memberikan informasi tentang gambaran kondisi NTC saat ini adalah perusahaan perlu membuat perubahan dan kebijaksanaan dalam segala aspek dengan cepat. Serta untuk membantu perhitungan, penyimpanan data serta pemberian informasi yang lebih cepat, dibuat alat bantu sistem informasi analisis laporan keuangan.
Perancangan sistem ini dilakukan lima tahap secara garis besar dalam memecahkan masalah. Tahap pertama, inisialisasi informasi, dilakukan perumusan masalah, perumusan tujuan, dan pembatasan masalah. Tahap kedua adalah pengumpulan dan pengolahan data dimulai dengan studi pustaka, dan studi pendahuluan, dilanjutkan dengan pembuatan metoda konseptual kemudian menganalisis kebutuhan sistem. Tahap perancangan sebagai tahap ketiga dimulai dengan merancang sistem informasi dan databasenya dengan metoda waterfall. Jika perancangan masih belum sesuai dengan sistem yang diinginkan, maka perlu menganalisis kebutuhan sistem ulang. Kemudian dilanjutkan pengkodeannya dengan bahasa pemrograman Delphi dan sebagai Data Base Management Systemnya adalah SQL Server 2000. Setelah program selesai dibuat dapat dilanjutkan ke tahap analisis hasil perancangan dan implementasi. Ditahap ini dilakukan uji fungsionalitas untuk analisis verifikasi serta menganalisis kelebihan dan kekurangan sistem hasil perancangan. Dan sampai pada tahap akhir dibuat kesimpulan dan saran.
Hasil perancangan sistem informasi analisis laporan keuangan secara garis besar mampu membantu perhitungan dan pemberian informasi sesuai dengan yang dimaksud pengguna yang sudah mempunyai kemampuan mengerti tentang laporan keuangan. Aplikasi ini mampu meyimpan dan mengolah data-data keuangan baik yang diinputkan manual ataupun load dari file excell serta memberikan penilaian kinerja laporan keuangan perusahaan dari beberapa rasio keuangan, rasio diskriminasi dan tingkat sensitivitas. Karakteristik software dari segi tampilan, kemudahan, keakuratan, efisiensi waktu, serta keamanan akses sudah memenuhi kebutuhan user. Sehingga sistem informasi ini cukup berguna bagi perusahaan. rasio keuangan, tingkat sensitivitas, metoda waterfall

Subjek

FINANCE
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DENGAN METODA WATERFALL DI NTC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RACHMA AGUSTIN
Perorangan
CHRISTANTO TRIWIBISONO, ENDANG CHUMAIDAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini