USULAN PERBAIKAN PROSES BISNIS PERMINTAAN DAN PENGELUARAN MATERIAL DARI GUDANG KANTOR DISTRIBUSI KE GUDANG AREA JARINGAN DI PLN GAMBIR DENGAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT(BPI)

NOVIANTY HENNY

Informasi Dasar

112010196
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT.PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang sebagai perusahaan perseorangan yang menjalankan bisnis dalam bidang kelistrikan mencoba mewujudkan efisiensi dan produktivitas segala bentuk jenis kegiatan yang ada. Pada saat ini PT.PLN terus berusaha untuk mewujudkan efisiensi dan produktivitasnya dengan cara menerapkan proses yang efisien dan efektif pada tiap-tiap bagian yang ada di perusahaan ini.Sub bidang RKP merupakan salah satu sub bidang yang ada di PT PLN mempunyai salah satu kegiatan layanan yaitu proses layanan permintaan dan pengeluaran material dari Gudang Kantor Distribusi ke Gudang Area Jaringan.Pada saat ini Sub bidang RKP mencoba menerapkan proses yang efisien dan efektif pada proses layanan permintaan dan pengeluaran material dari Gudang Kantor Distribusi ke Gudang Area Jaringan serta berusaha mendapatkan sertifikasi ISO 9001.Untuk menciptakan proses bisnis eksisting yang efisiensi dan efektif maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perbaikan proses untuk mengurangi waktu siklus.
Dalam penelitian ini dapat didiagnosa bahwa salah satu penyebab terjadinya hal tersebut di atas adalah tingkat efisiensi yang rendah dalam pelaksanaan proses bisnisnya. Hal ini dikarenakan oleh banyak terdapat aktivitas manual dalam operasional, kompleksitas proses, adanya duplikasi dan birokrasi Sehingga melalui Bussiness Process Improvement diharapkan mampu untuk memberikan perbaikan yang signifikan dalam proses bisnis permintaan dan pengeluaran material dari Gudang Kantor Distribusi ke Gudang Area Jaringan. Adapun penelitian yang dilakukan untuk memperoleh perbaikan proses bisnis adalah melalui analisis aktivitas, streamlining tools dan menganalisis setiap sub proses yang ada dalam proses tersebut sehingga dapat diketahui sub proses mana yang termasuk dalam sub proses kritis.
Berdasarkan pengukuran yang dilakukan, diperoleh waktu sikluseksisting pada proses permintaan dan pengeluaran material dari Gudang Kantor Distribusi ke Gudang Area Jaringan. adalah 6084.967 menit atau 11.93 hari. Setelah dilakukan perbaikan pada proses bisnis eksisting, maka waktu siklus usulan yang dapat diberikan kepada sub bidang RKP untuk proses permintaan dan pengeluaran dari Gudang Kantor Distribusi ke Gudang Area Jaringan adalah 2295,160 menit atau 4.5 hari dengan tingkat effisiensi proses keseluruhan meningkat dari 39.5% menjadi 80.4%

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

USULAN PERBAIKAN PROSES BISNIS PERMINTAAN DAN PENGELUARAN MATERIAL DARI GUDANG KANTOR DISTRIBUSI KE GUDANG AREA JARINGAN DI PLN GAMBIR DENGAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT(BPI)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NOVIANTY HENNY
Perorangan
SRI WIDANINGRUM
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini