EVALUASI KELAYAKAN PROGRAM BINA SOSIAL SEKOLAH TK, SD, SMP PT. SEMEN CIBINONG

NODYA PARAMITA

Informasi Dasar

112030080
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Corporate Social Responsibility atau yang lebih dikenal dengan sebutan CSR merupakan suatu bentuk tanggung jawab sosial bagi perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa. Berdasarkan UU Perseroan Terbatas (UU PT) Pasal 74 tahun 2007, setiap perusahaan wajib melaksanakan Corporate Social Responsibility sebagai wujud kepedulian perusahaan pada masyarakat internal maupun eksternal.
Holcim Indonesia merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang material building. Holcim Indonesia sebenarnya merupakan PT. Semen Cibinong yang telah dibeli sahamnya. Sebagai wujud kepedulian Holcim terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar, maka Holcim berencana untuk melakukan kegiatan CSR.
Sebelumnya, PT. Semen Cibinong mempunyai kegiatan CSR berbentuk sekolah yang diberi nama Sekolah TK, SD, SMP PT. Semen Cibinong, yang masih dalam manajemen PT. Semen Cibinong. Daripada memulai program CSR yang baru dengan biaya besar, maka Holcim berencana mengambil alih Sekolah tersebut. Namun, sebelumnya Holcim perlu melakukan Evaluasi kelayakan terlebih dahulu yang dilihat dari sudut pandang aspek pasar, teknis, sosial, dan finansial.
Pengujian aspek pasar dilakukan melalui survey dengan menggunakan alat penelitian berupa kuisioner guna mengetahui berapa pasar potensial, pasar tersedia dan pasar sasaran dari Sekolah PT. Semen Cibinong. Untuk pengujian dari aspek teknis dan finansial digunakan data sekunder yang diperoleh dari Sekolah PT. Semen Cibinong dan sumber lainnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasar potensial TK PT. Semen Cibinong sebesar 66,20 %, SD PT. Semen Cibinong sebesar 59,18%, dan SMP PT. Semen Cibinong sebesar 61,15% yang diperoleh berdasarkan tingkat keminatan responden terhadap Sekolah milik PT. Semen Cibinong tersebut. Untuk pasar tersedia, berdasarkan pasar potensial yang mempunyai keminatan untuk memasukkan anak di Sekolah PT. Semen Cibinong, kemampuan, daya beli, dan akses. adalah untuk TK sebesar 63,83 %, SD sebesar 58.62%, dan pasar tersedia SMP sebesar 60% . Pasar sasaran TK sebesar 26%, untuk SD sebesar 31 %, dan SMP sebesar 32% dari pasar tersedia masing-masing sekolah.
Aspek teknis telah disesuaikan dengan Pedoman Standar Pelayanan Minimal (SPM) Penyelenggaraan Pendidikan dan Standar Nasional Pendidikan yaitu PP. No. 19 Tahun 2005 pasal 42 ayat 1 dan ayat 2.
Aspek sosial telah memenuhi UU Perseroan Terbatas (UU PT) Pasal 74 tahun 2007. Dengan adanya CSR ini, banyak manfaat yang didapatkan oleh masyarakat dari segi lapangan kerja dan pendidikan.
Untuk hasil perhitungan menurut parameter penilaian investasi, maka Sekolah PT. Semen Cibinong ini dinyatakan layak dengan nilai NPV : Rp. 641.943.324, IRR : 21%, PBP : 14 tahun. Sekolah TK, SD, SMP PT. Semen Cibinong, Program Bina Sosial, Kelayakan

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

EVALUASI KELAYAKAN PROGRAM BINA SOSIAL SEKOLAH TK, SD, SMP PT. SEMEN CIBINONG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NODYA PARAMITA
Perorangan
Endang Chumaidiyah, Murahartawaty
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini