BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT UNIT BISNIS SATELIT BERDASARKAN KERANGKA KERJA ENHANCED TELECOM OPERATIONS MAP DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT SATELLITE BUSINESS UNIT BASED ON ENHANCED TELECOM OPERATIONS MAP FRAMEWORK I

MUHAMAD TOHIRUDIN

Informasi Dasar

112030116
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri jasa telekomunikasi di Indonesia. Salah satu unit bisnisnya adalah unit bisnis satelit yang berada dibawah tanggung jawab Sub Divisi Satelit (SUBDIVSAT) Divisi Infrastruktur Telekomunikasi (DIVISI INFRATEL). Dalam menjalankan bisnisnya tersebut, SUBDIVSAT memiliki beberapa proses bisnis, diantaranya : proses bisnis provisioning dan proses bisnis fault management. Proses bisnis tersebut merupakan key main process dari SUBDIVSAT sebagai product owner. Walaupun proses bisnis tersebut telah menerapkan sebuah kerangka kerja proses bisnis yang berdasarkan pada enhanced Telecom Operations Map (eTOM), namun ketika proses bisnis tersebut diimplementasikan, ternyata masih adanya beberapa aktivitas yang memiliki waktu proses diluar standarisasi yang telah ditetapkan. Hal tersebut berdasarkan hasil wawancara dan observasi serta dokumentasi dari setiap proses bisnis yang ada.
Berdasarkan kondisi tersebut, dibutuhkan sebuah identifikasi dari setiap aktivitas yang berada didalam setiap proses bisnis eksisting yang salah satunya menggunakan pendekatan metode Business Process Improvement (BPI) dan tentunya masih dalam kerangka kerja eTOM. Melalui pendekatan metode tersebut, terlebih dahulu dilakukan sebuah analisis value-added disetiap aktivitas yang berada didalam setiap proses bisnis eksisting, kemudian dilakukan sebuah streamlining dengan menggunakan tools yang tersedia. Dari pendekatan metode tersebut, diharapkan adanya sebuah efisiensi dari waktu proses.
Dari hasil pengolahan data, wawancara, dan observasi serta simulasi proses bisnis yang dilakukan, maka ouput yang didapatkan adalah usulan proses bisnis yang berfokus pada peningkatan efisiensi waktu proses. Oleh karena itu, diperoleh efisiensi waktu proses pada proses bisnis usulan dibandingkan dengan proses bisnis eksisting, yakni pada Proses Bisnis Provisioning Transponder Satelit sebesar 10.04 %, Proses Bisnis Provisioning VSAT-IP sebesar 13.17 %, Proses Bisnis Provisioning Telkom Broadcast sebesar 8.03 %, Proses Bisnis Fault Management (Segmen Spacecraft) sebesar 6.91 %, dan Proses Bisnis Fault Management (Segmen Ground) sebesar 22.66 %. Business Process Improvement, enhanced Telecom Operations Map, waktu proses.

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT UNIT BISNIS SATELIT BERDASARKAN KERANGKA KERJA ENHANCED TELECOM OPERATIONS MAP DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT SATELLITE BUSINESS UNIT BASED ON ENHANCED TELECOM OPERATIONS MAP FRAMEWORK I
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD TOHIRUDIN
Perorangan
SRI WIDANINGRUM
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini