PERENCANAAN PENINGKATAN KUALITAS DAN SISTEM LAYANAN TERHADAP PRODUK PAY TV TELKOMVISION BERBASIS QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT

Andung Sukoco S

Informasi Dasar

112030145
658.809
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kondisi bisnis layanan Pay TV atau TV berbayar yang semakin kompetitif membuat PT. INDONUSA TELEMEDIA berupaya menciptakan sebuah strategi untuk meningkatkan pelayanan Pay TV yang diberikan. Upaya tersebut ternyata belum sepenuhnya berhasil karena PT. INDONUSA TELEMEDIA masih harus berhadapan dengan keluhan konsumen yang cukup tinggi. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan terhadap layanan Pay TV TELKOMVision, agar dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan mempertahankan loyalitas konsumen di tengah persaingan dengan operator operator Pay TV lainnya. Metode pengembangan produk yang digunakan dalam penelitian ini adalah Qualty Function Deployment (QFD) sampai pada tahap iterasi II.
Penggalian kebutuhan konsumen Pay TV TELKOMVision adalah melalui wawancara. Pengolahan data yang dilakukan terhadap hasil wawancara adalah menginterpretasikan pernyataan konsumen ke dalam atribut kebutuhan. Dari hasil pengolahan data diperoleh 18 atribut kebutuhan yang dapat dijadikan masukan dalam pengembangan Pay TV TELKOMVision. Terdapat 5 atribut kebutuhan yang memperoleh bobot tertinggi yaitu: Harga paket standar (4.62), Kualitas gambar dan suara (4.57), Biaya aktivasi/pasang baru (PSB) (4.56), Kehandalan tiap channel (4.50), dan Majalah TV Guide (4.47). Selanjutnya 18 atribut kebutuhan yang diperoleh pada saat wawancara diterjemahkan ke dalam 25 karakteristik teknis. Terdapat 5 karakteristik teknis yang memberikan kontribusi terbesar bagi pemenuhan atribut kebutuhan yaitu: Customer Satisfaction Index (CSI) (6.500), Kebijakan internal perusahaan (3.872), Performansi operation and maintenance centre (3.046), Vendor penyedia peralatan (2.899), Redaman saluran Fiber optik & coax (2.545).
Kemudian 25 karakteristik teknis akan dikembangkan lebih lanjut dan diperoleh 28 karakteristik part yang bersesuaian. Terdapat 5 karakteristik part yang memberikan kontribusi terbesar bagi pemenuhan karakteristik teknis yaitu: Kesesuaian spesifikasi perangkat yang digunakan (2.3065), Sistem power control (OMC) (1.7592), Jam layanan customer service (1.5553), Tingkat profesionalisme frontliner (1.4306), Kualitas link transmisi sinyal (1.4004).
Berdasarkan analisis dan hasil pengolahan data yang dilakukan terhadap 18 atribut kebutuhan, 25 karakteristik teknis, dan 28 karakteristik part, dapat diberikan rekomendasi kepada PT. INDONUSA TELEMEDIA berupa rancangan pengembangan TELKOMVision untuk peningkatan kualitas, agar dapat dicapai kepuasan dan loyalitas konsumen di tengah persaingan dengan operator Pay TV lainya.
Kata kunci : Usulan Pengembangan, Pay TV TELKOMVision, QFD (Quality Function Deployment).

Subjek

SERVICE
 

Katalog

PERENCANAAN PENINGKATAN KUALITAS DAN SISTEM LAYANAN TERHADAP PRODUK PAY TV TELKOMVISION BERBASIS QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Andung Sukoco S
Perorangan
Budi Praptono, Murahartawaty
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini