PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENGELOLAAN DAN PENGAWASAN BASE TRANCEIVER STATION DI BANDUNG

FRIDA JAYANTI WIRASATI

Informasi Dasar

112060058
910.285
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pemerintah daerah sebagai pihak yang memiliki peran utama dalam pengelolaan tata ruang kota memiliki kewenangan mengatur pembangunan, penataan, serta pengendalian terhadap penyelenggaraan dan retribusi menara telekomunikasi atau yang biasa disebut dengan Base Tranceiver Station (BTS). Jumlah BTS di Bandung meningkat hingga 373 unit. Pertumbuhan jumlah BTS yang cepat dan dan sistem pendokumentasian sebaran BTS yang menggunakan penggambaran manual, menyebabkan Pemerintah daerah mengalami kesulitan, melakukan pengelolaan terhadap BTS. Oleh sebab itu, dibutuhkan alat bantu pengelolaan BTS yang dapat mempermudah pengelolaan, serta pengawasan terhadap penyelenggaraan dan retribusi BTS tersebut.

Alat bantu yang dapat digunakan adalah Sistem Informasi Geografis (SIG). SIG dapat mengumpulkan, menyimpan, mengintegrasikan, mengolah, dan menganalisis objek maupun fenomena dimana lokasi geografi merupakan karakteristik utama untuk di analisis (Aronof, 1989). Data-data yang telah diperoleh melalui metode survey dan wawancara diolah sehingga dapat dibedakan ke dalam bentuk data spasial dan data atribut menggunakan software Mapinfo, dan Visual Basic sebagadesain tampilan dan bahasa pemrogramannya.

SIG tersebut dapat menjadi langkah awal bagi Pemerintah daerah dalam pengelolaan BTS. Dengan SIG Pengelolaan dan Pengawasan BTS ini, Pemerintah daerah dapat mendokumentasikan sebaran BTS dan retribusinya, sehingga nantinya dapat dilakukan control terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Selain itu, SIG ini dapat membantu Pemerintah ddaerah dalam mengambil keputusan tterhadap lokasi BTS Bersama berdasarkan pada aspek lokasi dan aspek teknis telekomunikasi yang diajukan oleh penyelenggara telekomunikasi sertaketentuan zonasi wilayah telekomunikasi yang ditetapkan oleh Pemerintah daerah. Sistem Informasi Geografis, Base Tranceiver Station(BTS),

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENGELOLAAN DAN PENGAWASAN BASE TRANCEIVER STATION DI BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FRIDA JAYANTI WIRASATI
Perorangan
BUDI SULISTYO Ir., MT; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini