PERANCANGAN SISTEM INFORMASI WAREHOUSE MANAGEMENT BERBASIS WEB DI QONITA BATIK

HARITS ROZAN

Informasi Dasar

112060080
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Supply Chain Management merupakan suatu pendekatan yang digunakan untuk mencapai pengintegrasian yang efisien dari supplier, produsen, distributor dan customer. Proses rantai pasok yang terjadi pada Qonita Batik masih dilakukan secara manual dan masih kurang efisien. Terdapat beberapa proses, seperti pembukuan data penjualan, keuangan dan proses keluar masuknya barang yang dilakukan secara manual, paper-based dan membutuhkan banyak sumber daya. Untuk mengatasi masalah yang dihadapi pada sistem rantai pasok ini, maka dirancang sebuah aplikasi sistem informasi warehouse management berbasis web.

Dalam merancang sistem ini dibutuhkan beberapa tahap, yaitu tahap pendahuluan, analisis sistem, perancangan sistem, analisis hasil perancangan dan terakhir ialah tahap kesimpulan dan saran. Data pada perancangan sistem informasi ini diperoleh dari hasil wawancara, baik menyangkut kendala sistem lama dan kebutuhan informasi terhadap sistem baru. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP yang didukung oleh database MySQL.

Sistem ini memiliki beberapa jenis pengguna, diantaranya adalah administrator, manajemen, penjualan, produksi, gudang, logistik, keuangan, supplier, distributor, dan customer. Sistem ini dirancang dengan memiliki tipe pengguna yang berbeda kepentingan dan kewenangan, namun setiap data yang melibatkan banyak pengguna sudah memiliki sifat dinamis sehingga perubahannya dapat langsung diterima oleh pengguna terkait. Dengan kehandalan perangkat lunak dan akses aplikasi sistem informasi berbasis web, kebutuhan pengguna terhadap kebutuhan informasi yang cepat, tepat dan akurat dapat terpenuhi.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa perancangan sistem informasi warehouse management berbasis web ini telah terintegrasi dan dapat diakses menggunakan aplikasi berbasis web melalui internet. Sehingga memudahkan para pengguna dan pihak-pihak yang berkepentingan di dalam sistem. Untuk penelitian lebih lanjut, dapat ditambahkan penggunaan sistem barcode untuk input sales order dan integrasi perusahaan ekspedisi untuk menunjang proses logistik yang ada di dalam sistem. Sistem Informasi, Warehouse Management, Supply Chain Management

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI WAREHOUSE MANAGEMENT BERBASIS WEB DI QONITA BATIK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HARITS ROZAN
Perorangan
Dr. LUCIANA ANDRAWINA; M. NASHIR ARDIANSYAH ST.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini