STRATEGI PERSEDIAAN OPTIMAL SUKU CADANG MESIN OPTIMA PRESS BERDASARKAN LAJU KERUSAKAN (Studi kasus PT. Tanjung Kreasi Parquet Industri)

ANNA WIDIASIH

Informasi Dasar

112060186
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Tanjung Kreasi Parquet Industri(TEKA Parquet) adalah perusahaan pengolahan kayu yang memproduksi parquet flooring. Berdasarkan data kerusakan mesin periode bulan Agustus 2009–Desember 2009, kerusakan mesin Optima press 97,83% disebabkan oleh kerusakan suku cadang dan membutuhkan penggantian sedangkan 2,17% disebabkan oleh perubahan setting mesin karena penggunaan.

Kebutuhan komponen yang tidak bisa langsung dipenuhi akan berakibat terjadinya delay produksi. Pemesanan komponen dengan jumlah tetap pada waktu yang tetap tidak cukup memenuhi kebutuhan akan komponen karena kebutuhan komponen tidak konstan. Untuk dapat memenuhi kebutuhan komponen, perlu dirancang sebuah sistem persediaan yang sesuai agar perusahaan tidak mengalami kerugian karena terjadinya loss production dan aktivitas back

Model persediaan yang digunakan adalah fixed order quantity model dengan back order, disesuaikan dengan laju kerusakan mesin yang membutuhkan penggantian komponen. Variabel jumlah lot pemesanan optimal(Q) dan reorder point(r) diperoleh dari penurunan parsial formula biaya total persediaan yang telah dilakukan penyesuaian dengan laju kerusakan dalam selang waktu yang telah ditentukan berdasarkan rata-rata umur suku cadang.

Biaya persediaan meningkat seiring dengan semakin panjangnya waktu perencanaan sesuai dengan jumlah kebutuhan Tiap komponen. Keputusan penerapan strategi disesuaikan dengan kondisi keuangan perusahaan. persediaan, laju kerusakan

Subjek

Machine - learning
 

Katalog

STRATEGI PERSEDIAAN OPTIMAL SUKU CADANG MESIN OPTIMA PRESS BERDASARKAN LAJU KERUSAKAN (Studi kasus PT. Tanjung Kreasi Parquet Industri)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNA WIDIASIH
Perorangan
Haris Rachmat, ST., MT; Rd. Rohmat Saedudin, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini