PENJADWALAN JOB DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC (Studi Kasus : PT. Dirgantara Indonesia)

Dwi Wahyu Anggraeni

Informasi Dasar

112060188
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penjadwalan job merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan produksi, terutama bagi perusahaan MTO (Make To Order). Dengan penjadwalan yang tepat, masalah keterlambatan penyelesaian job atau makespan yang besar dapat dihindari. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis membuat suatu penjadwalan yang menggunakan metode fuzzy logic sehingga dapat mengurangi makespan.

Penjadwalan ini dibuat karena besarnya makespan dalam produksi part-part produk di PT. Dirgantara Indonesia. Hal-hal yang menjadi faktor penting yang akan menjadi variabel inputan dalam penjadwalan dengan fuzzy logic ini adalah waktu proses, completion time dan starting time. Dalam menjadwalkan job yang menggunakan metode fuzzy logic, hal yang harus diperhatikan adalah penentuan rule yang akan memberikan outputan berupa bobot kepentingan dari tiap job sehingga job yang memiliki bobot “terpenting” akan terjadwalkan. Hal tersebut akan berulang hingga job terakhir terjadwalkan.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa penjadwalan job dengan menggunakan metode fuzzy logic telah berhasil dibuat dan dapat mengurangi makespan. Dari hasil perbandingan antara makespan eksisting dengan penjadwalan usulan tersebut, ternyata makespan dapat berkurang sebesar 20.47%. Sedangkan rata-rata completion time usulan lebih cepat dari rata-rata completion time eksisting yaitu sebesar 28%. Penjadwalan, Fuzzy logic

Subjek

JOB EVALUATION
 

Katalog

PENJADWALAN JOB DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC (Studi Kasus : PT. Dirgantara Indonesia)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dwi Wahyu Anggraeni
Perorangan
Dr. Dida Diah Damayanti; Haris rachmat ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini