ANALISIS VARIABEL YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI NASABAH MUSLIM DI WILAYAH BANDUNG UNTUK MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN SYARIAH

DIAN PERMATASARI

Informasi Dasar

112061015
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini membahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi nasabah muslim di wilayah Bandung untuk menggunakan jasa perbankan syariah. Guna mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi seorang muslim untuk menjadi nasabah bank syariah, penelitian ini menggunakan tujuh variabel yang akan diuji keterhubungannya terhadap preferensi nasabah. Ketujuh variabel tersebut terdiri dari religion, service quality, benefit, promotion,location, affected opinion (WOM), dan bank reputation.
Dengan menggunakan uji Korelasi Rank Spearman, hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tujuh variabel yang digunakan dalam penelitian, terdapat lima variabel yang mempengaruhi nasabah muslim di wilayah Bandung untuk menggunakan jasa perbankan syariah, yaitu religion, location, bank reputation, benefit, dan service quality. Sedangkan variabel promotion dan affected opinion (WOM) tidak terbukti mempengaruhi preferensi nasabah untuk menggunakan jasa perbankan syariah.
Berdasarkan variabel-variabel yang berpengaruh terhadap preferensi nasabah, maka dibuatlah rekomendasi program bagi bank syariah guna menarik nasabah baru. Rekomendasi program yang diprioritaskan oleh peneliti ialah melakukan kegiatan sosialisasi ke masyarakat (khususnya ke kantor-kantor) dan memberikan service excellence namun tetap sesuai dengan prinsip syariah. Pemberian prioritas terhadap program tersebut dilakukan berdasarkan variabel yang paling berpengaruh, yaitu religion dan bank reputation. Pelaksanaan program yang diprioritaskan tersebut akan memberikan dampak positif bagi variabel lain, seperti service quality, benefit, promotion, dan affected opinion (WOM), yang pada akhirnya akan meningkatkan jumlah nasabah yang dimiliki oleh bank syariah.
preferensi nasabah, perbankan syariah, nasabah muslim.

Subjek

ANALYSIS KEY SUCCESS FACTOR FOR KEY ACCOUNT MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS VARIABEL YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI NASABAH MUSLIM DI WILAYAH BANDUNG UNTUK MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN SYARIAH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIAN PERMATASARI
Perorangan
Dr. Yati Rohayati, Ir., MT ; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini