Pengaruh Faktor Kepuasan Kerja dan Faktor Komitmen Organisasional Terhadap Intensi Turnover Pada CV Araza Gubah Rekayasa

Josep Tumpal Sianturi

Informasi Dasar

112070042
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

CV Araza Gubah Rekayasa, perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis transportasi, memiliki pemasukan yang signifikan dari penjualan bersih selama perjalanan kereta api. Selain itu, jumlah penumpang yang cenderung meningkat dan pekerjaan proyek di kawasan stasiun kereta api juga merupakan pemasukan yang signifikan bagi perusahaan ini. Semua hal tersebut memerlukan sikap positif dari sumber daya manusia yang dimiliki. Sikap positif dari karyawan akan memberi pengaruh yang positif pula kepada perusahaan avntara lain dapat meningkatkan keuntungan perusahaan yang dalam hal ini ialah CV AGR. Sikap positif karyawan bisa dilihat dari kepuasan kerja dan komitmen karyawan terhadap perusahaan. Kepuasan karyawan dan komitmen organisasional bisa mengurangi angka turnover karyawan. Keluar-masuknya karyawan akan menjadi kerugian tersendiri bagi perusahaan.

Dalam penelitian ini akan dicari hubungan variabel kepuasan kerja, komitmen organisasional, dan intensi turnover karyawan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan langsung antara kepuasan kerja dengan intensi turnover dan ada atau tidak hubungan tidak langsung kepuasan kerja dengan intensi turnover melalui variabel komitmen organisasional.

Untuk menjawab tujuan tersebut, dilakukan survei dengan cara menyebarkan kuesioner kepada seluruh karyawan CV AGR untuk mengetahui hubungan faktorfaktor ketiga variabel yang telah disebutkan sebelumnya. Terhadap data hasil kuesioner dilakukan pengolahan data dengan kaidah-kaidah statistika dengan metode Analisis Jalur.

Berdasarkan pengolahan data, didapati bahwa kepuasan kerja terbukti berpengaruh langsung terhadap intensi turnover, sedangkan pengaruh tidak langsung kepuasan kerja terhadap intensi turnover melalui komitmen organisasional tidak terbukti. Pengolahan data menunjukkan secara jalur bahwa kepuasan kerja berpengaruh terhadap komitmen organisasional, namun komitmen organisasional tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi turnover sehingga persamaan regresi yang diperoleh hanya persamaan regresi linier variabel kepuasan kerja terhadap intensi turnover.

Hasil pengolahan data menjadi dasar pengusulan rekomendasi terhadap CV AGR. Program yang direkomendasikan ialah sebagai berikut: mengevaluasi pemberian gaji kepada karyawan, peningkatan bonus kepada karyawan berprestasi, menyelenggarakan pelatihan dan orientasi sederhana serta menawarkan asuransi, penghargaan bagi karyawan yang setia, dan rekomendasi selanjutnya ialah menyelenggarakan aktivitas keakraban di perusahaan.

kepuasan kerja, komitmen organisasional, turnover, analisis jalur

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Pengaruh Faktor Kepuasan Kerja dan Faktor Komitmen Organisasional Terhadap Intensi Turnover Pada CV Araza Gubah Rekayasa
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Josep Tumpal Sianturi
Perorangan
Agus Achmad Suhendra, Ir., MT; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini