Perancangan Tata Letak Fasilitas Menggunakan Algoritma Craft Pada Divisi Usaha Teknik Karet Inkaba Di PT. Agronesia

Septia Hariyanti

Informasi Dasar

112070090
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Agronesia Divisi Usaha Teknik Karet INKABA merupakan perusahaan di bidang karet. Kondisi existing lantai produksi slang floating hose belum memiliki tata letak fasilitas yang efisien. Dapat dilihat dari jarak perpindahan yang panjang antar operasi berurutan. Ketidakefisienan layout ini menyebabkan besarnya aktivitas material handling. Selain itu pada mesin open mill 1, operator bekerja belum sesuai prinsip ergonomi karena mesin lebih tinggi dari tinggi operator. Oleh karena itu upaya untuk memperbaiki dengan melakukan perancangan tata letak fasilitas dan prinsip ergonomi di PT.INKABA.

Perbaikan perancangan tata letak fasilitas dilakukan dengan software WINQSB menggunakan algoritma Craft, dengan kriteria dapat meminimasi aktivitas material handling, dilihat dari momen perpindahan. Dalam memperbaiki kondisi yang belum sesuai prinsip ergonomi, dilakukan perhitungan dengan konsep persentil untuk menghitung dimensi dari alat bantu papan pijakan agar operator bekerja sesuai prinsip ergonomi.

Melalui penelitian ini, diperoleh rancangan tata letak fasilitas lebih efisien, dilihat dari momen perpindahan yang direduksi hingga 50.5% pada tata letak usulan. Hal ini jika diproyeksikan pada pernyataan Tompkins dan White (1996) bahwa 20-50% dari total biaya operasi manufaktur berasal dari biaya material handling, maka tata letak usulan ini akan menghemat sekitar 10-25% dari biaya manufaktur setiap bulannya. Selain itu diperoleh dimensi dari alat bantu papan pijakannya yaitu tinggi 10 cm, lebarnya 29 cm, dan panjang 5.7m dengan persentil 95-th.

Penelitian selanjutnya sebaiknya rangkaian produksi disimulasikan agar hasilnya lebih akurat dan mempertimbangkan factor biaya agar diketahui total biaya untuk perubahan tata letak. Tata letak, Algoritma CRAFT, Ergonomi

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Perancangan Tata Letak Fasilitas Menggunakan Algoritma Craft Pada Divisi Usaha Teknik Karet Inkaba Di PT. Agronesia
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Septia Hariyanti
Perorangan
Dr. Luciana Andrawina; M. Iqbal ST.,MM
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini