PERANCANGAN SISTEM OTOMATISASI PEMISAHAN BUAH TOMAT BERDASARKAN WARNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATIC THRESHOLD

MARKUS

Informasi Dasar

112070129
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam melakukan grading warna buah tomat secara manual dengan tenaga manusia, keterbatasan manusia akan menyebabkan human-error pada saat pelaksanaan grading. Oleh karena itu dikembangkan sistem otomatisasi pemisahan buah tomat berdasarkan warna.Dalam penelitian ini akan dirancang sebuah sistem otomatisasi yang mampu melakukan grading warna citra 2 dimensi khususnya buah tomat dengan menggunakan metode static threshold, metode ini digunakan untuk melakukan klasifikasi grade warna terhadap sebuah citra. Sistem akan dirancang untuk dapat memisahkan warna buah tomat menjadi grade merah dan hijau.

Penelitian ini dimulai dengan melakukan tahap studi awal, tahap analisis, tahap perancangan dan tahap implementasi dan pengujian. Perancangan sistem dimulai dengan pembuatan program grading warna menggunakan aplikasi Visual Basic, pembuatan database sebagai media penyimpanan hasil grading. Setelah itu dilakukan perancangan Human Machine Interface dengan menggunakan Aplikasi Intouch, agar Programmable Logic Control sebagai pusat kontrol dapat bekerja sesuai dengan skenario yang diinginkan maka terlebih dahulu dimasukkan sebuah algoritma yang dibuat menggunakan CX-Programer dalam bahasa Ladder diagram. Setelah itu dilakukan integrasi dan komunikasi program grading, database, Human Machine Interface, dan Programmable Logic Control menjadi sebuah sistem otomatisasi pemisahan buah tomat berdasarkan warna.

Sistem ini diuji coba dengan menggunakan miniplant berdasarkan skenario pengujian yang telah dirancang agar sistem yang dibuat sesuai dengan tujuan penelitian, dari hasil uji coba yang dilakukan sistem yang dibuat telah berhasil melakukan grading warna buah tomat. Sistem otomatisasi, warna buah tomat, metode Static Threshold

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM OTOMATISASI PEMISAHAN BUAH TOMAT BERDASARKAN WARNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATIC THRESHOLD
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MARKUS
Perorangan
Haris Rachmat, ST., MT.; Rino Andias Anugraha, ST.,MM.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini