PERANCANGAN SISTEM OTOMATISASI PEMISAHAN PRODUK BERDASARKAN UKURAN DIAMETER DENGAN MENGGUNAKAN METODE FISIK DI LABORATORIUM SISTEM PRODUKSI DAN OTOMASI

DEDEN ZENAL MUTAQIN

Informasi Dasar

112070138
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi otomasi berkembang sangat pesat dan menyentuh berbagai bidang. Sebagai contoh penerapan otomasi adalah di bidang pertanian. Sektor pertanian di Indonesia berkembang sangat pesat, terutama di daerah Jawa Barat. Sektor pertanian merupakan komoditas yang mampu memberikan andil besar dan peran nyata dalam perkembangan kehidupan perekonomian masyarakat. Mengacu kepada permasalahan tersebut di atas, maka dilakukan penelitian terhadap permasalahan yang terdapat pada proses pemilahan produk (sayuran) yang akan dipasarkan di pasar modern terutama masalah peningkatan tingkat akurasi ukuran dalam proses pemilahan produk dengan merancang sistem otomatisasi pemisahan produk berdasarkan ukuran, sehingga dapat membantu petani atau distributor lokal untuk memilah sayuran yang sesuai standar kualitas pasar modern yang akan dipasarkan serta meminimalisir human error pada saat pemilahan dan juga dapat lebih meningkatkan efisiensi dari penggunaan tenaga kerja yang secara otomatis dapat meningkatkan produktivitas.

Pada penelitian ini akan difokuskan dalam perancangan sistem otomatisasi pemisahan produk berdasarkan ukuran dengan menggunakan metode fisik untuk meningkatkan produktifitas dan meminimalisir human error selama proses pemisahan produk.

Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan, sistem otomatisasi pemisahan produk berdasarkan ukuran telah berhasil dirancang sesuai dengan skenario perancangan yang telah dibuat. Dan untuk penelitian selanjutnya, dapat dilakukan penelitian yang merancang sistem otomatisasi pemisahan produk berdasarkan parameter lain selain ukuran.

Otomatisasi, Ukuran, Human Error, Produktifitas.

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM OTOMATISASI PEMISAHAN PRODUK BERDASARKAN UKURAN DIAMETER DENGAN MENGGUNAKAN METODE FISIK DI LABORATORIUM SISTEM PRODUKSI DAN OTOMASI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEDEN ZENAL MUTAQIN
Perorangan
HARIS RACHMAT ST., MT.; RINO ANDIAS ANUGRAHA ST., MM.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini