EVALUASI RUANG KELAS PERCONTOHAN DAN USULAN RANCANGAN RUANG KELAS IT TELKOM DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI

Megawaty Simorangkir

Informasi Dasar

112070156
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ruang kelas percontohan Institut Teknologi Telkom yaitu ruang B107, B109 dan B110 dirancang untuk mendukung kegiatan atau aktivitas menggunakan laptop (berbasis komputer) atau Visual Display Terminal (VDT) namun masih dalam keadaan yang kurang ergonomis.

Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi dengan menggunakan evaluation checklist, pengukuran langsung dan menggunakan software ErgoEASER. Untuk evaluasi keergonomisan suatu stasiun kerja khususnya VDT dengan menggunakan metode VDT evaluation checklist dan hasilnya menyatakan bahwa total jawaban “tidak” adalah 38.95%, dan meskipun lebih kecil dari total jawaban “ya” yaitu 61.05% untuk semua pertanyaan dalam VDT evaluation checklist, namun masih perlu dilakukan improvement untuk menciptakan kondisi ruangan yang lebih ideal atau ergonomis bagi pengguna. Dari hasil pengukuran kondisi lingkungan kerja fisik diperoleh pada suhu terdapat 55.60% dari sampel yang diukur pada pagi hari dan 11.10% dari sampel yang diukur pada sore hari memiliki suhu di bawah interval, pada tingkat pencahayaan dan tingkat kebisingan hasilnya adalah 100% berada di bawah interval. Dapat disimpulkan bahwa ruang kelas percontohan IT Telkom memiliki kondisi yang kurang ergonomis. Display ruangan yang tidak sesuai dengan kondisi ideal yang seharusnya. Ketidakergonomisan juga terbukti dari hasil pengolahan data antropometri mahasiswa dan data dimensi VDT ruang kelas dengan menggunakan software ErgoEASER karena masih banyak terdapat potential strain (titik sakit) karena kondisi yang tidak ideal.

Rancangan ruang kelas yang baru mempertimbangkan hasil evaluasi yang telah dilakukan, dan untuk dimensi atau kondisi yang baru akan dibuat sesuai dengan standar yang ada beserta data anthropometry dan aktivitas mahasiswa di dalam ruangan agar tercipta VDT yang ergonomis. Dilakukan juga penambahan jumlah AC dan lampu serta penggantian warna display pada gorden dengan warna biru langit, lantai dan kursi dengan warna orange. Evaluasi Ruang Kelas, Visual Display Terminal (VDT), Ergonomi, Lingkungan Kerja Fisik, Anthropometry.

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

EVALUASI RUANG KELAS PERCONTOHAN DAN USULAN RANCANGAN RUANG KELAS IT TELKOM DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Megawaty Simorangkir
Perorangan
Sri Widaningrum, Ir. , MT; Rino A Anugraha, ST., MM.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini