Usulan Perbaikan Layanan Telkomsel Flash PT Telkomsel Palembang Menggunakan Integrasi Servqual, Model KANO, dan QFD

TRIANA SUKECI

Informasi Dasar

112070182
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Akses informasi internet tidak mengenal batas geografis, ras, suku, budaya, negara, maupun kelas ekonomi, atau faktor-faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Dari aktifitas tanpa batas ini internet mampu menciptakan suatu komunitas-komunitas unik seperti friendster, facebook, twitter. Tidak menutup kemungkinan melalui komunitas dalam internet tersebut dapat terjalin kerjasama bisnis. Pengguna internet di Indonesia tahun 2010 jumlahnya sudah mencapai 45 juta. Syarat yang harus dipenuhi oleh suatu perusahan agar sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Upaya mempertahankan pelanggan dilakukan dengan mengetahui atribut kebutuhan pelanggan dan mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap kinerja atribut layanan Telkomsel Flash.

Servqual merupakan alat untuk mengukur kualitas layanan Telkomsel Flash yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan Telkomsel Flash yang diberikan dan digunakan untuk menganalisis penyebab masalah dari layanan Telkomsel Flash. Kepuasan pelanggan menurut model KANO tidak berbanding lurus dengan pemenuhan setiap atribut kebutuhan pelanggan, oleh sebab itu model KANO dikembangkan untuk mengkategorikan atribut-atribut dari produk maupun jasa berdasarkan seberapa baik produk atau jasa tersebut mampu memuaskan kebutuhan. Upaya peningkatan dan perbaikan kualitas dengan penggabungan servqual dan model KANO belum dapat secara sistematis dan operasional dapat dilakukan karena belum tersedia perangkat lunak untuk itu. Permasalahan ini dapat diatasi dengan metode integrasi servqual, model KANO dan QFD.

Perbaikan true customer needs, technical response, dan critical part berdasarkan persentase tingkat kepentingan dari setiap atribut layanan dan bobot hubungan antara true customer needs dan technical response serta antara technical response dengan critical part. Hasil integrasi servqual, model KANO, dan QFD menghasilkan lima perbaikan critical part, yaitu kriteria personal, pengalaman kerja, frekuensi training, waktu rata-rata pelayanan dan besar bandwith.

Berdasarkan hasil penelitian terhadap studi kasus layanan Telkomsel Flash diperoleh 33 atribut kebutuhan pelanggan. Hasil pengolahan data menggunakan servqual menghasilkan 13 atribut yang sudah melebihi harapan konsumen dan 20 atribut yang masih di bawah harapan konsumen. Model KANO mengkategorikan 12 atribut ke dalam kategori attractive, 10 atribut kategori must be, enam atribut kategori one dimensional dan lima atribut termasuk kategori indifferent. Penelitian dapat dilakukan di lokasi yang berbeda untuk uji kevalidan. Telkomsel Flash, Servqual, Model KANO, QFD

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Usulan Perbaikan Layanan Telkomsel Flash PT Telkomsel Palembang Menggunakan Integrasi Servqual, Model KANO, dan QFD
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TRIANA SUKECI
Perorangan
Dr. Luciana Andrawina; Warih Puspitasari, S.Psi.,M.Psi.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini