USULAN PERBAIKAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PRODUK DENGAN METODE SIX SIGMA DI PT. SEPATU MAS IDAMAN

Isma Hanifa

Informasi Dasar

112070233
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Sepatu Mas Idaman (PT. Semasi) adalah sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak di dalam pembuatan sepatu. PT. Semasi memproduksi berbagai macam sepatu dari brand-brand ternama dunia seperti Rockport, Lacoste, Hush Puppies, Kickers, Sperry Top Sider, MBT, Sledgers, Johnston and Murphy dan lain-lain. PT. Semasi membuat produk berdasarkan job order dimana pemesanan dilakukan secara online dengan pelanggan di seluruh dunia. Kualitas dan kepuasan pelanggan menjadi faktor penting PT. Semasi dalam menjalankan perusahaan. Hal ini terlihat dari salah satu misi PT. Semasi yaitu memproduksi sepatu Brown yang berkualitas terbaik dan memiliki harga bersaing untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan. Dari data yang didapatkan dari perusahaan ternyata jumlah cacat tiap workstation masih melebih target semasi yaitu sebesar 1%. Agar kepuasan pelanggan dan efisiensi perusahaan dapat tercapai PT. Semasi berusaha untuk mengendalikan dan meningkatkan kualitas produksinya.

Dari hal diatas maka dilakukan pengendalikan jumlah cacat yang terjadi dengan salah satu metode pengendalian kualitas yaitu Six Sigma. Prinsip utama Six Sigma adalah mencapai kesempurnaan (3,4 DPMO) dengan mengendalikan proses-proses yang terjadi. Adapun tahapan-tahapan dalam implementasi Six Sigma adalah Define, Measure, Analyze, Improve, Control (DMAIC). Tapi pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap improve. Pada tahap define yang dilakukan adalah pemilihan target objek dan identifikasi CTQ serta pemetaan tahap I. Pada tahap Measure yang dilakukan adalah identifikasi karakteristik CTQ, pemetaan proses tahap II dan pengukuran performansi produksi. Sedangkan pada tahap Analyze yang dilakukan adalah analisis performansi produksi dan Root Cause Analyze.

Berdasarkan pengukuran yang dilakukan terhadap data kualitas produk sepatu Speery Top Sider selama bulan Mei-Juli 2010, dapat diketahui bahwa CTQ potensial ialah Kebersihan produk, bentuk produk, kesesuaian warna, ukuran produk dan kerapihan jahitan produk. Adapun performansi eksisting proses produksi sepatu Speery Top Sider pada level output adalah nilai DPMO 9189.77309 dan level sigma 3.857 sigma. PT. Semasi perlu memperbaiki proses secara terus menerus agar mencapai 6 sigma. Faktorfaktor yang menjadi penyebab cacat antara lain manusia (kurang teliti, tergesa-gesa, lelah, dll), material ( jenis kulit yang berbeda), mesin (ukuran tang lasting), lingkungan (tempat bersuhu panas, minim ruang gerak) dan method (tidak ada standar proses getok garang dan tidak adanya standar waktu pada mesin garang) Six Sigma, DPMO, level sigma, CTQ (Critical to quality)

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

USULAN PERBAIKAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PRODUK DENGAN METODE SIX SIGMA DI PT. SEPATU MAS IDAMAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Isma Hanifa
Perorangan
Dr. Dida Dyah Damayanti, Ir., MEng.; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini