Usulan Penanganan Risiko Operasional Perkebunan Kelapa Sawit Berdasarkan Kerangka COSO ERM di PT. Graha Cakra Mulia

Sotar Andrian Gultom

Informasi Dasar

112071018
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sebagai Negara penghasil CPO terbesar di dunia sejak 2006 (Oil World Annual), produksi CPO Indonesia diprediksi akan terus meningkat hingga mencapai 40 juta ton pada tahun 2020. Kondisi ini merupakan peluang bagi PT Graha Cakra Mulia yang merupakan salah satu Perkebunan Besar Swasta Nasional.Namun pada kenyataannya di tahun 2010, apabila dilihat secara rinci di tiga bulan terakhir terdapat penurunan performansi produksi di perusahaan, penurunan ini juga diikuti dengan meningkatnya jumlah Losses di tiga bulan terakhir serta masih ada beberapa blok tanam yang produksinya di bawah standar produksinya. Hal ini memicu adanya kesadaran terjadinya risiko operasional di Perusahaan.
Untuk mengidentifikasikan risiko dan dampaknya bagi Perusahaan digunakan panduan pelaksanaan manajemen risiko perusahaan dari The Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commision (COSO).Berdasarkan data laporan harian dan laporan bulanan, didapatkan enam risiko operasional dengan dua risiko yang signifikan bagi Perusahaan, yaitu risiko restan dan risiko buah busuk. Hasil simulasi monte carlo memberikan rata-rata nilai prediksi kerugian (Value At Risk) sebesar 19.21935 % dan 9.030596 % terhadap total produksi TBS tiap bulannnya.
Dari hasil analisis diusulkan aktivitas pengendalian risiko yang sesuai dengan kemampuan internal Perusahaan.Dengan menggunakan analisis Net Present Value (pada interest = 15%) diperoleh NPV sebesar Rp 2,489,176,176.13,-.Sehingga dapat disimpulkan bahwa aktivitas pengendalian menguntungkan untuk dilakukan.



manajemen risiko operasional, COSO ERM, Value At Risk, NPV.manajemen risiko operasional, COSO ERM, Value At Risk, NPV.

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Usulan Penanganan Risiko Operasional Perkebunan Kelapa Sawit Berdasarkan Kerangka COSO ERM di PT. Graha Cakra Mulia
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sotar Andrian Gultom
Perorangan
Ir. Budi Praptono, MM; Ir. Mumu Natapriatna, MBA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini