PERANCANGAN SISTEM PAKAR UNTUK MENILAI KONDISI KESEHATAN PERUSAHAAN DENGAN METODE ANALISIS RASIO KEUANGAN DAN MATRIKS SPACE

YUNI PITA ASMIRAN

Informasi Dasar

112071028
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dengan adanya ACFTA, dunia usaha di Indonesia yang semakin kompetitif ini menuntut setiap perusahaan untuk dapat menjalankan manajemen perusahaan menjadi lebih profesional jika tidak ingin gulung tikar. Dengan banyaknya pesaing saat ini, setiap perusahaan harus mempunyai kinerja yang baik, dilihat dari kesehatan perusahaan tersebut. Kesehatan perusahaan dapat dilihat dari manajemen keuangan dan manajemen strategis. Manajemen keuangan dan manajemen strategis memberikan pengaruh terhadap kelangsungan aktivitas operasional perusahaan dan keberadaan perusahaan.

Beberapa metode yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan adalah analisis rasio keuangan dan Matriks SPACE. Selain itu penilaian kesehatan dapat juga didasarkan pada Kepmen BUMN no. 100 tahun 2002. Dalam kenyataannya, proses perhitungan dan analisis metode-metode ini tidak mudah dan membutuhkan waktu lama sehingga diperlukan perancangan suatu sistem pakar.

Sistem pakar ini dibangun dengan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai database. Aplikasi sistem pakar ini akan membantu perusahaan dalam melakukan pemeriksaan kesehatan keuangan dan strategis. Pemeriksaan keuangan meliputi analisis rasio keuangan (terdapat dua belas rasio keuangan yang digolongkan ke dalam empat kelompok rasio), analisis Du Pont (untuk mengetahui nilai Return on Investment dan hubungan antar rasio), serta penilaian kesehatan perusahaan berdasarkan Kepmen BUMN No. 100 Tahun 2002, sedangkan pemeriksaan strategis meliputi evaluasi posisi strategis dengan Matriks SPACE. sistem pakar, analisis rasio keuangan, analisis Du Pont, penilaian tingkat kesehatan, matriks SPACE.

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM PAKAR UNTUK MENILAI KONDISI KESEHATAN PERUSAHAAN DENGAN METODE ANALISIS RASIO KEUANGAN DAN MATRIKS SPACE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YUNI PITA ASMIRAN
Perorangan
Prof. Dr. Ir. Anang Zaini Gani; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini