USULAN PERBAIKAN TATA LETAK LANTAI PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA CRAFT

RESTU RINAYANTI

Informasi Dasar

112071070
658.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan spare-part alat mekanika tanah yang telah menjalankan produksinya sejak tahun 1980. Agar tetap bisa bersaing dengan perusahaan yang baru berdiri,mereka harus mampu meningkatkan produktivitas perusahaan, salah satunya dengan menghemat biaya produksi. Untuk menghemat biaya produksi, terdapat banyak cara, di antaranya dengan meminimumkan biaya perpindahan material dan tata letak lantai produksi. Kondisi existing memperlihatkan belum memiliki tata letak pabrik yang efisien, hal ini dapat terlihat dari banyaknya operator yang sering berjalan bolak-balik untuk mengambil bahan yang akan dikerjakan dan jarak perpindahan yang panjang antar operasi yang berurutan. Ketidakefisienan layout ini menyebabkan besarnya ongkos material handling.

Salah satu upaya untuk memperbaiki aliran proses produksi dan ketidakefisienan layout yaitu dengan perancangan ulang tata letak fasilitas dengan pendekatan yang bisa meminimasi aktivitas material handling. Dalam penelitian ini, perancangan tata letak fasilitas dibuat tipe tata letak berdasarkan produk. Sebelum merancang tata letak yang baru, dibutuhkan initial layout, from to-chart, move cost-chart yang menjadi inputan bagi algoritma CRAFT. Software yang digunakan untuk Algoritma CRAFT adalah software WinQSB. Setelah itu, dilakukan simulasi untuk mengetahui kinerja layout awal maupun layout usulan dengan menggunakan software Promodel.

Melalui penelitian ini, diperoleh rancangan tata letak fasilitas yang lebih efisien, hal tersebut dapat dilihat dari nilai momen perpindahan yang di reduksi hingga 22.79 % pada tata letak usulan. Selain itu, hasil dari simulasi memperlihatkan, dengan penerapan tata letak usulan dapat meningkatkan jumlah barang jadi sebesar 13.6% dan pengurangan waktu siklus sebesar 8.66%. Tata letak, Algoritma CRAFT, Momen perpindahan, Simulasi

Subjek

Management - production
 

Katalog

USULAN PERBAIKAN TATA LETAK LANTAI PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA CRAFT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RESTU RINAYANTI
Perorangan
BUDI SULISTYO, Ir., MT.; MUHAMMAD IQBAL, ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini