Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Metode Balanced Scorecard di PT Kartika Naya

Febriyansyah

Informasi Dasar

112080087
658.401 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Kartika Naya merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang percetakan desain kemasan, buku, majalah serta album foto dan pengemasan produk komersial yang pemasarannya meliputi Jabodetabek, Palembang dan Medan. Dengan kondisi lingkungan bisnis yang semakin kompetitif, PT Kartika Naya harus terus meningkatkan kinerja perusahaannya agar mampu bertahan dan berkembang dalam persaingan yang semakin ketat. Untuk meningkatkan kinerja tersebut, perusahaan memerlukan sistem pengukuran kinerja yang berguna sebagai bahan evaluasi berkelanjutan dalam menyusun strategi perusahaan yang sesuai dengan lingkungan bisnis saat ini.

Selama ini PT Kartika Naya melakukan pengukuran kinerja berdasarkan aspek pencapaian penjualan dan peningkatan profit. Pengukuran ini tidak secara menyeluruh menilai aspek yang ada di perusahaan sehingga pengukuran yang dilakukan kurang terintegrasi pada aspek yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan metode Balanced Scorecard yang dapat mengintegrasikan seluruh aspek yang terkait dalam perusahaan. Metode ini mengukur kinerja perusahaan berdasarkan empat perspektif yaitu finansial, customer, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan.

Pengukuran kinerja PT Kartika Naya diwali dengan penjabaran visi, misi dan strategi perusahaan kedalam sasaran strategis, critical success factor, dan indikator keberhasilan. Kemudian dilakukan proses pembobotan terhadap indikator keberhasilan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), selanjutnya dilakukan pengukuran kinerja perusahaan. Pengukuran kinerja ini menghasilkan 23 indikator keberhasilan yang berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Besarnya pengaruh indikator keberhasilan perusahaan bergantung pada besarnya bobot indikator hasil perhitungan AHP. Pengukuran kinerja keseluruhan dilakukan dengan menghitung nilai kinerja tiap perspektif. Hasil akhir nilai kinerja PT Kartika Naya secara keseluruhan adalah 4.19 dengan kategori penilaian baik.

Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Analytical Hierarchy Process

Subjek

QUALITY CONTROL
 

Katalog

Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Metode Balanced Scorecard di PT Kartika Naya
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Febriyansyah
Perorangan
Ir. Marina Yustiana Lubis, M.Si.; Maria Dellarosawati I., S.T., MBA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini