USULAN PERBAIKAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN (SKI) DENGAN MENGGUNAKAN EVALUASI KINERJA BERBASIS HASIL DAN METODE AHP DI UNIT HUMAN CAPITAL CENTER (STUDY KASUS: PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk)

Samuel Simanjuntak

Informasi Dasar

112080099
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Telkom di dalam menilai kinerja karyawannya menggunakan 2 sistem penilaian yang pertama disebut dengan SKI (Satuan Kinerja K aryawan) yang disingkat dengan (P) atau performance . SKI adalah penilaian dari segi performance dimana setiap karyawan dituntut untuk membuat program kerja disertai dengan target waktu dan juga target output . Sementara untuk penilaian yang ke 2 adalah penilaian berdasarkan kompetensi, yaitu menilai berdasar kan kompeten karyawan dan indikator lain yang ditentukan.
Untuk SKI Di dalam pelaksanaanya ditemui beberapa hal yang kurang begitu baik. Penetapan bobot program kerja yang belum mempunyai metode dan hanya didasarkan kepada intuisi karyawan serta adanya kes ulitan untuk memberikan bobot program kerja di dalam kondisi program kerja yang kompleks. P ermasalahan lain yang terjadi adalah terkait dengan pembe rian nilai untuk tugas tambahan. Di mana pemberian nilai tugas tambahan belum terdefinisi dengan jelas, dan juga tidak seluruh tugas tambahan di jadikan penilaian tambahan bagi karyawan. Padahal pemberian nilai tugas tambahan dapat men a m b a h penilaian karyawan pada hasil akhir. Untuk bobot program kerja nantinya akan menggunakan metode AHP yang akan di bantu meng gunakan software expert choice untuk memudahkan di dalam pemberian nilai tugas tambahan dan lebih praktis. Pendefinisian nilai tugas tambahan secara detail untuk menjelaskan besaran nilai yang di dapat oleh karyawan. Sehingga karyawan mengetahui dengan jel as nilai yang akan diberikan untuk tugas tambahan yang akan diberikan. Evaluasi kinerja berbasis hasil membantu karyawan di dalam mengidetifikasi setiap kebutuhan yang diperlukan di dalam mencapai target yang telah ditentukan . Evaluasi kinerja berbasis hasil membantu dengan memberikan 6 indikator seperti : input, process, output, outcome, benefit, dan impact
sulan perbaikan SKI t erkait dengan bobot program kerja hasil yang didapat pada existing dan juga usulan di dapati hasil yang berbeda. Sebagai contoh pada SKU customer : kualitas pengelolaan pendidikan pasca sarjana didapati hasil sebagai berikut: untuk SKI existing 4 program kerja yang diberikan nilai berdasarkan intuisi karyawan adalah 10%, 5%, 5 %, dan 10%. Sementara untuk SKI usulan 9%, 3%, 2%, dan 16%. Sementara untuk tugas tambahan perbedaan antara SKI existing dan usulan sebagai berikut: untuk SKI existing terkait dengan 2 tugas tambahan diberikan nilai 2% dan yang tugas tambahan lain tidak di masukan. S ementara untuk usulan diberikan nilai 8% (untuk tugas tambahan pertama) dan 3% (untuk tugas tambahan kedua). Hal ini akan sangat penting di dalam penilaian akhir karyawan. Penilaian Kinerja Karyawan , Analytical Hierarchy Process , expert choice , Evaluas i Kinerja Berbasis Hasi

Subjek

PERSONNEL MANAGEMENT
 

Katalog

USULAN PERBAIKAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN (SKI) DENGAN MENGGUNAKAN EVALUASI KINERJA BERBASIS HASIL DAN METODE AHP DI UNIT HUMAN CAPITAL CENTER (STUDY KASUS: PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Samuel Simanjuntak
Perorangan
Budi Praptono , Ir.,MM; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini