PERENCANAAN PENGELOLAAN PERSEDIAAN PRODUK FAST MOVING CONSUMER GOODS (FMCG) MENGGUNAKAN METODE PROBABILISTIK MODEL Q PADA GUDANG PT XYZ BANDUNG

Chevy Tri Ramadhan

Informasi Dasar

112090166
658.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. XYZ merupakan suatu perusahaan distributor produk FMCG ( Fast Moving Consumer Goods ) dengan produk seperti noodle, snack, biscuit, cereal, dan seasoning yang berlokasi di Bandung . Pada pengelolaan persediaan di PT. XYZ , sering kali terjadi st ock out yang dipengaruhi oleh fluktuasi demand yang tidak menentu. Hal tersebut menyebabkan lost sales dan berkurangnya tingkat pelayanan perusahaan karena demand yang tidak terpenuhi.
Demand yang bervariasi menyebabkan demand bers ifat probabilistik. Oleh karena itu pada penelitian ini , digunakan pengelolaan persediaan menggunakan metode probabilistik model Q untuk meminimasi kemungkinan terjadinya stock out , dengan menentukan kebijakan inventory terhadap jumlah quantity pemesanan dan safety stock berdasarkan reorder point yang telah ditentukan untuk melakukan pemesanan kembali . Pe nghitungan kebijakan inventory untuk seluruh SKU ( Stock Keeping Units ) akan menghasilkan o ngkos total inventory serta tingkat pelayanan nya.
Perhitungan menggunakan metode probabilistik model Q memberikan penurunan pada ongkos total inventory sebesar 30,05% dan meningkatkan tingkat pelayanan sebesar 4,31%. Persediaan, Fast Moving Consumer Goods , Stock Out , Probabilistik, Model Q .

Subjek

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
 

Katalog

PERENCANAAN PENGELOLAAN PERSEDIAAN PRODUK FAST MOVING CONSUMER GOODS (FMCG) MENGGUNAKAN METODE PROBABILISTIK MODEL Q PADA GUDANG PT XYZ BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Chevy Tri Ramadhan
Perorangan
Dr. Ir. Dida Diah Damayanti , M.EngSc; Budi Santosa Chulasoh, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini