PENILAIAN KINERJA RELIABILITY, AVAILABILITY & MAINTAINABILITY PADA AMMONIA PLANT KUJANG 1A MENGGUNAKAN RELIABILITY BLOCK DIAGRAM DAN SIMULASI MONTE CARLO SERTA COST OF UNRELIABILITY (COUR)

DEWA GDE BAGUS SATRIA WIDNYANA

Informasi Dasar

112100059
658.202
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pupuk sebagai salah satu kebutuhan dalam pertanian sudah sepantasnya untuk dipenuhi kebutuhannya mengingat Indonesia sebagai negara agraris memiliki konsumsi p upuk yang meningkat setiap tahunnya. Maka PT Pupuk Kujang sebagai salah satu pabrik pupuk harus memenuhi kebutuhan pupuk khususnya di daerah Jawa Barat. Untuk memenuhi kebutuhan pupuk ini, perusahaan melakukan Reliability, Availabilty, Maintainability (RAM ) Analysis dan Cost of Unreliability sebagai indikator pemenuhan kebutuhan dari Plant khususnya Ammonia Plant 1A.

Dengan menggunakan data

data berupa MTBF, MTTR dan MDT dari mesin

mesin, dilakukan pemodelan menggunakan Blocksim 8 untuk mengetahui nilai RAM dari plant yang berguna untuk menilai kinerja dari Ammonia Plant 1A.

Dari hasil pengolahan data menggunakan RAM Analysis dengan menggunakan pemodelan reliability block diagram berdasarkan pada analytical approach, pada waktu 8760 jam, Feed Treating memi liki nilai reliability (0,0003%) , Steam Reforming (43,48%) , Shift Conversion (4,61%) , CO2 Removal (0,066%) , Methanation (16%) , Ammonia Synthesis (0,0015%), Pemurnian dan Refrigerasi Ammonia (0,0015%) . Dengan nilai Inherent Availability sebesar 92,114% dan Operational A vailability sebesar 87,936%. N ilai Maintainability Ammonia Plant 1A pada saat t = 24 jam adalah 50,387%. Serta dengan menggunakan perhitungan Cost of Unreliability , didapatkan biaya akibat ketidakhandalan sebesar $446.283, 16 berdasarkan active repair time , dan $2.389.406, 69 berdasarkan pada downtime .

Reliability, Availabilty, Maintainability , Cost of Unreliability, Kinerja

Subjek

MAINTENANCE MANAGEMENT
 

Katalog

PENILAIAN KINERJA RELIABILITY, AVAILABILITY & MAINTAINABILITY PADA AMMONIA PLANT KUJANG 1A MENGGUNAKAN RELIABILITY BLOCK DIAGRAM DAN SIMULASI MONTE CARLO SERTA COST OF UNRELIABILITY (COUR)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEWA GDE BAGUS SATRIA WIDNYANA
Perorangan
Haris Rachmat, S.T., M.T; Amelia Kurniawati, S.T., M.T
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini