PERANCANGAN SISTEM OTOMATISASI BERBASIS WIRELESS PADA PROSES PENGGILINGAN TEH HITAM ORTHODOKS DI PT. ABC

Galih Pratama

Informasi Dasar

112100133
658.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Semakin berkembangnya teknologi saat ini, mendorong berbagai bidang industri untuk memanfaatkan teknologi tersebut untuk memenuhi permintaan pasar, salah satunya adalah teknologi otomasi. Penerapan otomasi dapat meningkatkan tingkat produktivitas, menciptakan proses pengendalian dan pemantauan operator ter hadap plant secara realtime dan menciptakan pengolahan data yang bersifat mandiri. Distribusi informasi data dalam sistem otomasi dapat dilakukan dengan menggunakan kabel ( wireline ) atau tanpa kabel ( wireless ). Pada umumnya di dunia industri, masih menggunakan kabel sebagai media penghubung antara operator dengan plant. Jaringan menggunakan kabel termasuk mahal dari segi kompleksitas pemasangan dan perawatan, tingkat fleksibilitas yang rendah jika akan dilakukan ekspansi pada perusahaan dan masih belum dapat mencapai performa yang memuaskan. Jaringan wireless merupakan salah satu solusi dalam dunia industri manufaktur saat ini. Jaringan wireless dapat membantu proses industri untuk mengumpulkan lebih banyak data d ari proses, memperkirakan kapan perawatan peralatan dilakukan, meningkatkan efisiensi tenaga kerja melalui konektivitas

plant

wide network dan memberikan solusi konektivitas berbiaya rendah .
Sistem otomasi berbasis wireless menggunakan Programmable Logic C ontroller (PLC) dapat diterapkan di berbagai bidang, salah satunya dalam proses pengolahan teh. Pada proses pengolahan PT. ABC, masih memerlukan operator untuk mesin – mesin yang digunakan sehingga menimbulkan peluang terjadinya human error dan pencapaian produksi belum mampu memenuhi rencana kerja dan anggaran produksi (RKAP) berdasarkan demand yang ada. Maka diperlukan pengendalian terhadap mesin dalam proses pengolahan teh, khususnya proses penggilingan agar penggunaan mesin lebih optimal dari segi kapa sitas dan pengendalian jika terjadi kesalahan mesin, adanya proses pemantauan dan pengendalian suhu yang sangat berpengaruh terhadap kualitas teh yang dihasilkan dan adanya pencatatan terhadap data di plant .
Perancangan sistem otomasi berbasis wireless men ggunakan Programmable Logic Controller (PLC) yang diimplementasikan pada proses penggilingan teh dilakukan berdasarkan skenario proses usulan. Pada perancangan sistem, uji coba dilakukan dengan membangun sebuah simulator plant untuk membuat sistem otomasi yang bekerja secara terintegrasi dan berbasis wireless . Rancangan komunikasi data pada PLC yang berbasis wireless dapat digunakan untuk proses pengendalian yang bersifat fleksibel dari segi pemrograman PLC dan pengawasan dengan jarak yang jauh dan tidak me mungkinkan adanya pengkabelan.
Otomasi, Jaringan, Programmable Logic Controller , Komunikasi PLC, Wireless, Siemens S7 - 1200.

Subjek

PRODUCTION
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM OTOMATISASI BERBASIS WIRELESS PADA PROSES PENGGILINGAN TEH HITAM ORTHODOKS DI PT. ABC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Galih Pratama
Perorangan
Haris Rachmat, Denny Sukma Eka Atmaja
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini