PENGEMBANGAN PROGRAM PREVENTIVE MAINTENANCE MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) II DAN PERHITUNGAN OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE)

Stephani Astrianingsih

Informasi Dasar

112100136
658.202
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Pupuk Kujang merupakan salah satu produsen pupuk yang mempunyai peranan penting dalam menjamin stok pupuk urea di Jawa Barat. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, realisasi produksi Pupuk Kujang 1B yang berdiri pada tahun 2006, tidak mampu memenuhi kapasitas produksi sebesar 570.000 ton setiap tahun. Salah satu penyebab hal tersebut adalah lamanya waktu Downtime sebesar 1192 jam atau 49,7 hari, dari standar normal Downtime yang diijinkan yaitu sebesar 7 hari setiap tahun.
Kegiatan preventive maintenance existing saat ini belum dilakukan berdasarkan interval waktu perawatan yang optimal dengan mempertimbangkan karakteristik kerusakan. Sehingga dibutuhkan kegiatan perawatan yang efektif dan efisien menggunakan metode Reliability Centered Maintenance II (RCM) II untuk menurunkan tingkat Downtime. Selain itu dilakukan pula pengukuran efetivitas performa Equipment menggunakan Overall Equipment Effectiveness (OEE).
Berdasarkan hasil pengolahan data, terpilih synthesis section sebagai section kritis pada Urea Plant 1B dengan 7 Equipment kritis. Berdasarkan pengolahan data menggunakan metode RCM, diketahui kegiatan perawatan serta interval perawatan dengan efisiensi biaya sebesar 33% . Berdasarkan metode OEE diketahui pula bahwa Equipment kritis belum dapat dikatakan efektif, sehingga perusahaan perlu mengoptimalkan kegiatan perawatan yang sesuai.
Preventive maintenance, Reliability Centered Maintenance II, Overall Equipment Effectiveness

Subjek

MAINTENANCE
 

Katalog

PENGEMBANGAN PROGRAM PREVENTIVE MAINTENANCE MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) II DAN PERHITUNGAN OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Stephani Astrianingsih
Perorangan
Haris Rachmat, M. Dellarosawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini