ANALISIS DAN PERANCANGAN LAYANAN LIVE VIDEO STREAMING BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN H264 DAN REAL TIME MESSAGING PROTOCOL

ANIF NURROHMAN

Informasi Dasar

113070256
005.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam beberapa tahun terahir, salah satu teknologi yang paling berpengaruh adalah perkembangan smartphone. Teknologi smartphone ini tidak hanya mampu melakukan tugas telpon genggam biasa seperti menelpon dan sms namun dibekali kemampuan untuk melakukan pemrosesan data. Selain itu, perkembangan smartphone dengan dilengkapi fitur pendukung seperti Camera dan koneksi internet seperti wifi atau jaringan selular menunjukan bahwa penggunaan smartphone yang semakin lengkap dan memungkinkan untuk dilakukan berbagai inovasi pada fitur-fitur yang ada.
Kelebihan inilah yang akan dicoba untuk dikembangkan dengan membangun suatu layanan live video streaming. Dengan mengkombinasikan teknologi smartphone dan internet dimana Camera smartphone menangkap video, secara real time, kemudian men-transfer ke sebuah halaman web dan dapat dilihat oleh semua orang di seluruh dunia. Dengan demikian, setiap orang bisa mengabadikan dan membagi peristiwa hidupnya secara real time kepada semua orang.
Pada tugas ahir ini dibangun suatu layanan live video streaming pada perangkat smartphone berbasis android. Untuk teknologi encoding dan decoding digunakan standar kompresi H264. Kemudian, untuk transmisi data menggunakan Real Time Messaging Protocol ( RTMP ) dengan Red 5 sebagai server-nya.
Hasil pengujian menunjukan bahwa sistem yang dibangun menghasilkan kualitas layanan live video streaming yang baik, dimana delay yang dihasilkan sekitar 137.48 ms - 146.02 ms, jitter sekitar 22.917 – 27.695 ms, packet loss sekitar 0-0.4%. Hal ini menunjukan bahwa performansi yang dihasilkan memenuhi standar layanan live video streaming yang ditentukan ITU-T yaitu delay kategori real time for one way communication bernilai <10s, jitter bernilai <30ms dan packet loss bernilai <5%.
Smartphone, Android, Real Time Messaging Protocol ( RTMP ), H264, Live Video Streaming

Subjek

ANALYSIS AND DESIGN SYSTEMS
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN LAYANAN LIVE VIDEO STREAMING BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN H264 DAN REAL TIME MESSAGING PROTOCOL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANIF NURROHMAN
Perorangan
Dr. Maman Abdurohman; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini