PROCESS MINING PADA PROSES REGISTRASI MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ? (STUDI KASUS : INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM)

Zainiyah Rizkita Arief

Informasi Dasar

113090138
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Process mining telah digunakan untuk membantu dalam penyelesaian masalah pada kehidupan sehari-hari. Discovery adalah salah satu tipe process mining yang membentuk model proses dari event log yang ada. Algortima ? adalah salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk melakukan discovery process. Algoritma ? melakukan pengurutan proses yang terjadi pada event log dan membandingkan semua keterurutan tersebut. Maka dari itu, akan didapatkan informasi proses mana yang merupakan kausalitas dan proses mana yang bersifat paralel. Pada kenyataannya, kesederhanaan konsep ini memberikan masalah pada penerapannya pada data real life. Data real-life memiliki keragaman yang tinggi sehingga mengandung banyak outlier yang akan menjadi data yang mengganggu. Maka dari itu, data outlier tersebut perlu dihilangkan. Salah satu metode yang dapat menghilangkan outlier pada data mining, adalah dengan mengadopsi prinsip apriori. Sehingga kasus dan hubungan aktivitas yang tidak memenuhi syarat batas yang telah ditentukan tidak merusak model secara keseluruhan. registrasi mahasiswa, process mining, discovery, algoritma ?, apriori

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

PROCESS MINING PADA PROSES REGISTRASI MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ? (STUDI KASUS : INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Zainiyah Rizkita Arief
Perorangan
Imelda Atastina, S.Si, MT.; Angelina Prima K, ST, MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini