Pengenalan Aksara Jawa Tulisan Tangan menggunakan Directional Element Feature (DEF) dan Support Vector Machines (SVM)

Aulia Husni Nurul Afwan Istamar

Informasi Dasar

113090212
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Aksara Jawa merupakan tulisan yang berasal dari kebudayaan kuno Jawa di Indonesia. Karaktertistik dari tulisan jawa ini adalah memiliki bentuk yang rumit dan beberapa diataranya memiliki struktur bentuk yang hampir sama.
Optical Character Recognition (OCR ) merupakan bidang dalam computer Vision yang berusaha mengenali suatu karakter tulisan melalui media citra. Berbagai macam penelitian telah dilakukan dengan menggunakan berbagai metode untuk membuat sistem OCR yang dapat mengenali karakter dengan tepat. D engan karakteristik aksara jawa yang rumit dan memiliki banyak kesamaan, dibutuhkan metode yang ampuh agar dapat membuat sebuah sistem OCR yang dapat mengenali karakter aksara jawa tulisan tangan dengan tingkat akurasi yang tinggi.
Directional Element Feature (DEF) merupakan metode ekstraktsi ciri yang telah telah banyak dipergunakan dan terbukti ampuh dalam pengenalan Aksara Cina yang memiliki bentuk huruf yang rumit . DEF membangun vector ciri dengan menghitung jumlah elemen ketetan ggaan tepi citra suatu karakter. Support Vector Machines (SVM) merupakan metode klasifikasi yang bekerja dengan mencari hyperplane dengan margin terkeci untuk memisahkan dua buah kelas data. Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, SVM ter bukti ampuh dalam mengklasifikasikan data, terutama dalam mengenali data yang belum pernah terlihat sebelumnya. Pada beberapa penelitian pula, SVM terbukti mampu mengungguli kemampuan ANN dalam melakukan klasifikasi.
Pada Tugas Akhir ini, dibangun Sistem O CR pengenalan Aksara Ja wa tulisan tangan menggunakan DEF dan SVM. Dari hasil pengujian, diperoleh hasil akurasi terbaik

sebesar 93.6% untuk mengenali 250 karakter aksara jawa tulisan tangan dengan masing

masing karakter terdiri dari 10 huruf. OCR, Tulisan Tangan, Aksara Jawa, DEF, SVM

Subjek

Machine - learning
 

Katalog

Pengenalan Aksara Jawa Tulisan Tangan menggunakan Directional Element Feature (DEF) dan Support Vector Machines (SVM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Aulia Husni Nurul Afwan Istamar
Perorangan
Mahmud Dwi Sulist i yo, S.T. , M.T; Retno Novi Dayawati, S.Si., M.T
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini