PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MOBILE MONITORING SUHU DAN CATU DAYA BTS FLEXI RO YOGYAKARTA

TRIYOGA ADI PERDANA

Informasi Dasar

114080030
005.12
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Jika ditilik lebih lanjut tentang tren yang ada di Indonesia pada saat ini, demam layanan aplikasi jejaring sosial benar-benar memicu kebutuhan sosial yang “always connected”. Base Transceiver Station (BTS) menjadi kunci utama mewujudkan komunikasi internet yang baik tanpa meninggalkan komunikasi voice sebagai fungsi utama. Operator, sebagai pengelola dari BTS-BTS yang ada haruslah menjaga agar BTS tersebut mampu berjalan sesuai dengan fungsinya agar service terhadap pelanggan tetap terjamin. Menurut data BTS yang ada pada Telkom Flexi Yogyakarta, akurasi pada eksternal alarm, menyebabkan pembacaan alert pada Base Station Management (BSM) selaku monitor kondisi tiap-tiap BTS menjadi kurang valid. Ditambah, efektifitas admin monitoring yang harus standby di depan monitor BSM menjadi kurang efektif jika dibutuhkan penanganan gangguan secara cepat terutama terkait dengan kondisi suhu pada shelter dan catu daya BTS.
Oleh sebab itu, dibuatlah sistem monitoring mobile agar mampu menangani masalah diatas. Sistem ini akan mengirimkan laporan gangguan secara langsung kepada teknisi tiap BTS apabila sensor menangkap adanya kondisi dibawah maupun diluar batas toleransi. Sebagai antar muka sistem, dibuatlah sistem informasi untuk memudahkan admin mengelola data tiap-tiap BTS dan membuat laporan gangguan dari data yang ada pada sistem informasi.
Sistem yang dibuat dapat melakukan fungsinya dengan baik. Sistem mampu dengan cepat mengirim auto forward SMS gangguan dengan rata-rata pengiriman sebesar 13 detik dan mempunyai minimum serta maksimum auto forward sebesar masing-masing 9 detik dan 31 detik. Selain itu, sistem mempunyai output tegangan yang stabil, sehingga dalam waktu yang lama sistem mampu berjalan dengan normal sesuai fungsinya.
Monitoring, BTS, BSM, Mobile Device, Sensor.

Subjek

SOFTWARE DESIGN
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MOBILE MONITORING SUHU DAN CATU DAYA BTS FLEXI RO YOGYAKARTA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TRIYOGA ADI PERDANA
Perorangan
AGUS VIRGONO; MUHAMMAD NASRUN,
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini