PERANCANGAN DAN ANALISIS METODE KUANTISASI VEKTOR DENGAN ALGORITMA FAIR SHARE AMOUNT UNTUK KOMPRESI CITRA DIGITAL

YOHANA CLARA

Informasi Dasar

114081052
518.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Citra digital disimpan dalam media penyimpan ( storage ) dengan menyimpan piksel penyusunnya. Maka dari itu, memori yang dibutuhkan untuk menyimpan citra tergantung pada jumlah piksel yang menyusun citra. semakin banyak piksel pada citra, maka semakin besar memori yang dibutuhkan untuk menyimpan citra. Pada umumnya , sebagian besar citra mengandung duplikasi data. Duplikasi data ini tidak perlu disimpan berulang kali karena akan memboroskan penggunaan memori padahal sebagian besar aplikasi sekarang ini membutuhkan representasi citra dengan penggunaan memori yang sesedikit mungkin. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk mentransmisikan citra menjadi semakin lama. oleh karena itu, dibutuhkan suatu metode yang dapat memperkecil penggunaan memori pada citra (kompresi citra)
Kompresi yaitu proses pengubahan sekumpulan data menjadi suatu bentuk kode untuk menghemat kebutuhan tempat penyimpanan dan waktu untuk transmisi data. Masalah yang paling mendasar dalam dunia kompresi yaitu tidak ada satu metode kompresi pun yang efektif untuk semua tipe file. Dalam Tugas Akhir ini membahas kuantisasi vektor digital dalam algoritma fair share amount yang sebelumnya ditransformasikan dengan transformasi wavalet haar untuk kompresi citra.
Hasil dari Tugas Akhir ini didapatkan bobot terbaik untuk sistem aplikasi dengan menggunakan citra grayscale dengan ukuran 256x256 dan 512x512 dengan faktor kompresi sejumlah 1:13.07 dan 1:16.95, PSNR sejumlah 23.91 dB dan 24.42 dB. Berdasarkan sta ndard PSNR dan MSE, pengujian yang dilakukan mendapatkan PSNR yang terbilang baik-cukup baik karena dalam range 20 dB sampai 40dB. Sedangkan nilai MSE baik karena hampir mendekati angka nol.
Vektor, Wavelet-haar, image koding, kuantisasi, kompresi citra, Algoritma Fair Share Amount

Subjek

ALGORITHMS
 

Katalog

PERANCANGAN DAN ANALISIS METODE KUANTISASI VEKTOR DENGAN ALGORITMA FAIR SHARE AMOUNT UNTUK KOMPRESI CITRA DIGITAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YOHANA CLARA
Perorangan
R. Rumani,, MSEE; Ida Wahida
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini