Perancangan dan Implementasi Enkripsi Data dengan Algoritma Blowfish Berbasis FPGA (Field Programmable Gate Array)

Kurniawan Nur Prasetyo

Informasi Dasar

114090002
005.82
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Keamanan data merupakan hal yang penting dalam komunikasi data. Salah satu upaya untuk menjamin keamanan data adalah dengan menggunakan metode kriptografi. Kriptografi merupakan suatu metode untuk mengkodekan informasi sedemikian rupa sehingga informasi tersebut tidak dimengerti oleh pihak yang tidak berhak untuk mengetahuinya. Sehingga metode ini sangat diperlukan karena ada beberapa file yang bersifat rahasia.Salah satunya adalah algoritma blowfish. Blowfish merupakan algoritma kriptografi yang memiliki kunci sama untuk proses enkripsi maupun dekripsi. Blowfish merupakan sebuah algoritma yang berbentuk block-chiper yang mana membagi-bagi plaintext dengan ukuran tertentu dengan panjang yang telah ditentukan. Terdapat banyak cara untuk implementasi algoritma kriptografi, diantaranya dengan software dan hardware. Implementasi secara hardware memiliki keunggulan, terutama dalam hal kecepatan dan tingkat keamanan. Namun implementasi secara hardware masih jarang digunakan.
Dalam tugas akhir ini dibahas perancangan dan implementasi algoritma blowfish dalam bentuk modul perangkat keras. Algoritma blowfish diimplementasikan ke FPGA Xilinx Virtex-4 XC4VLX25-SF363 Development Board dengan menggunakan bahasa VHDL. Dalam pengujian, diuji dan dianalisa performansi algoritma blowfish yang telah dirancang. Selain itu diuji juga kemanan dari algoritma blowfish apabila dilakukan beberapa modifikasi.
Setelah dilakukan implementasi pada FPGA, dibutuhkan resource sebagai berikut : slices 6%, jumlah slice flip-flop 1%, jumlah 4 LUT input 5%, jumlah bounded IOb 83%, jumlah FIFO 16 9%. Kriptografi, Blowfish, FPGA

Subjek

DATA ENCRYPTION
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Enkripsi Data dengan Algoritma Blowfish Berbasis FPGA (Field Programmable Gate Array)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Kurniawan Nur Prasetyo
Perorangan
Yudha Purwanto, ; Denny Darlis
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini