Perancangan dan Implementasi Game Pencak Silat Berbasis Kinect : Analisis Perilaku Musuh Menggunakan Fuzzy Logic

Mardika Reza Setiawan

Informasi Dasar

114100036
511.313
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Game Pencak Silat adalah sebuah game yang ber-genre fighting.Game ini akan dapat mengenalkan dan sekaligus mengajarkan jurus-jurus dan gerakan dasar dalam pencak silat. Terdapat dua puluh gerakan dasar pencak silat yang terdapat di dalam Game ini. Game ini dirancang untuk menyerupai pertandingan pencak silat yang sesungguhnya.
Game ini dirancang menggunakan algoritma fuzzy logic khusus pada bagian musuh. Algoritma fuzzy pada musuh dapat menentukan keputusan apa yang akan di ambil oleh musuh berdasarkan kondisi musuh terhadap pemain. Dengan algoritma fuzzy musuh dapat memilih apakah dia akan bertahan atau menyerang dan dapat memilih jurus apa yang akan di gunakan. Untuk algoritma fuzzy dianalisis dengan cara mengubah-ubah nilai variable yang digunakan dalam perhitungan fuzzy.
Perhitungan fuzzy menghasilkan kemungkinan kondisi NPC kuat sebesar 49.33%. Sedangkan untuk kondisi rata – rata kemungkinannya adalah 31.57%. Kemungkinan NPC berada dalam kondisi Lemah adalah 19.10%. Pada saat kondisi lemah NPC akan mengeksekusi bertahan sebanyak 100%. Pada saat kondisi rata – rata, kemungkinan yang terjadi adalah bertahan akan di eksekusi sebanyak 21% dan Jurus1 78.90%. Sedangkan pada kondisi kuat kemungkinan eksekusinya adalah Jurus2 sebanyak 25.99%, Jurus3 sebanyak 29.66% dan Jurus4 sebanyak 44.34%.
Pada akhirnya setelah di analisis dan diuji coba terhadap kasus yang diteliti dapat ditemukan bahwa algoritma fuzzy dapat di implementasikan sebagai algoritma kecerdasan buatan untuk musuh pada game bergenre fighting. Namun diperlukan range yang akan mengkonversi hasil perhitungan fuzzy menjadi sebuah keputusan. Kata kunci : game, pencak silat,, algoritma, fuzzy logic.
game, pencak silat,, algoritma, fuzzy logic.

Subjek

Fuzzy logic
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Game Pencak Silat Berbasis Kinect : Analisis Perilaku Musuh Menggunakan Fuzzy Logic
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Mardika Reza Setiawan
Perorangan
Agus Virgono,; Anrew Brian Osmond
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini