Perancangan dan Implementasi Head Up Display Berbasis Arduino Uno pada Sepeda Motor Bagian Input dan Output

Haris Ryan Damara

Informasi Dasar

114100049
006.37
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kendaraan pribadi sekarang sudah menjadi kebutuhan primer untuk masyarakat yang tinggal di kota. Hal tersebut membuat permintaan kendaraan pribadi meningkat, dan mengakibatkan volume kendaraan di jalan semakin meningkat. Berbanding lurus dengan peningkatan volume, tingkat kelalaian pengendara saat kendaraan di jalan juga meningkat. Salah satunya adalah terjadinya tabrakan saat ingin berpindah jalur karena tidak sempat melihat kendaraan lain melalui spion, atau sedang melihat spion yang mengakibatkan pengendara tidak fokus pada jalan. Penyebab lain adalah karena pengendara yang lupa mematikan lampu sein, sehingga mengakibatkan kebingungan pengendara lain.Untuk memperkecil terjadinya hal tersebut,maka dibutuhkan sebuah sistem yang dapat menampilkan kecepatan, rpm, dan lampu sein tanpa melihat kebawah atau pandangan tetap pada jalan.
Perancangan sistem penampil (head up display) pada sepeda motor ini, dirancang dengan mengintegrasikanmikrokontroller arduino unodan sepeda motor. Arduino berfungsi sebagai otak dari sistem yang mengatur kerja sensor, dan mengolah masukan menjadi keluaran. Masukan sistem diambildarisepeda motor (lampusein, rpm, dankecepatan). Kemudian hasil pengolahan masukan menghasilkan keluaran berupa nyala led pada helm modifikasi.

Berdasarkan hasil pengujian, fungsi masukan dan keluaran pada sistem head up displaysudah sesuai dengan perancangan dan sistem dapat digunakan pada sepeda motor. Dari hasil pengujian masukan sistem dapat membaca masukan dengan rata – rata tingkat kesalahan yang kecil yaitu kurang dari 20%. Serta, keluaran sistem dapat menghasilkan keluaran yang sesuai yaitu jumlah led menyala sesuai dengan masukan dan nyala led dapat terlihat oleh pemakai helm head up display. head up display, arduino uno

Subjek

Computer vision
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Head Up Display Berbasis Arduino Uno pada Sepeda Motor Bagian Input dan Output
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Haris Ryan Damara
Perorangan
Agus Virgono.; Fairuz Azmi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini