PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI GAME PENCAK SILAT BERBASISSENSOR KINECT: ANALISIS PENGENALAN POSE PEMAIN

Hamami Rengganis Pramudita

Informasi Dasar

114104115
006.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pencak silat merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus di lestarikan oleh masyarakat Indonesia. Ada banyak ragam pencak silat di Indonesia.Tiap daerahnya memiliki ciri khas masing-masing. Kurangnya perhatian dan penyebaran bela diri pencak silat dari masyarakat Indonesia, mengakibatkan adanya penurunan minat terhadap pencak silat. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang sudah maju, dibuatlah sebuah media pembelajaran berupa game interaktif yang diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap pencak silat.
Metode pembuatan game ini dengan cara melakukan riset langsung pada gerakan-gerakan pencak silat di Jawa Barat.Game pencak silat dibuat dengan menggunakan game engineUnity dan sensor Kinect untuk X-Box. Game ini mengharuskan pemain melakukan pose pencak silat untuk membentuk suatu jurus yang dapat digunakan untuk melawan musuh. SensorKinect akan menangkap gerakan pemain secara real time, lalu dibandingkan dengan dataset di program game. Pengenalan pose menggunakan metodeForward Chaining.
Berdasarkan hasil pengujian alpha dan beta yang dilakukan, game pencak silat sudah dapat melakukan pengenalan 20 pose jurus pencak silat dengan baik.Tingkat akurasi pengenalan pose menggunakan metode forward chaining sebesar 88,22%. Nilai ini didapat dari hasil rata-rata 3 skenario pengujian pengenalan pose 20 jurus yang terdapat didalam permainan.Hasil tingkat akurasi dari 3 skenario tersebut, yaitu untuk tingkat akurasi pengenalan pose menggunakan sendi prioritas sebesar 88,16%, tingkat akurasi pengenalan pose tanpa sendi prioritas sebesar 87,99%, dan tingkat akurasi pengenalan pose menggunakan marker sebesar 88,5%.
Sensor Kinect, Skeleton Tracking, Human Posture Recognition

Subjek

ARTIFICIAL INTELLIGENCE
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI GAME PENCAK SILAT BERBASISSENSOR KINECT: ANALISIS PENGENALAN POSE PEMAIN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Hamami Rengganis Pramudita
Perorangan
Agus Virgono; Andrew Brian Osmond
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini