PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI SISTEM INFORMASI “WIRS” BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL (STUDI KASUS : PT. AVIOELECRAFT INDONESIA )

Mochamad Akbar Anggamaulana

Informasi Dasar

114128177
003.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Avioelecraft Indonesia merupakan salah satu perusahaan kedirgantaraan yang ada di Indonesia. Bergerak dibidang design consulting pesawat. Pada proses perakitan kabel yang ada didalam pesawat proses yang terjadi diawali dari bentuk desain sampai akhirnya keluar menjadi laporan yang selanjutnya digunakan oleh customer dan engineer pesawat sebagai panduan perakitan. Permasalahan yang kompleks timbul apabila terjadi kesalahan didalam desain yang diolah menjadi laporan untuk diberikan kepada customer, seperti kesalahan perhitungan dan penentuan elemen yang digunakan didalamnya. Apabila terjadi kesalahan, proses troubleshooting yang dilakukan akan memakan waktu yang sangat lama karena engineer harus melakukan tracing satu per satu setiap elemen didalam sistem yang dirakit. Untuk mengatasi permasalahan diatas, PT. Avioelecraft Indonesia perlu sebuah sistem yang saling terintegrasi untuk mendukung proses bisnis perusahaan, Wiring Information Release System (WIRS) merupakan sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Wiring Information Release System ini akan dibangun dengan menggunakan model metode waterfall. Analisis dan perancangan sistem menggunakan pendekatan terstruktur (konvensional) dan sebuah website sebagai antarmukanya. Selanjutnya sistem diuji dengan melakukan pengujian alpha dengan model pengujian blackbox dan pengujian beta dengan memberikan kuesioner kepada responden. Hasil dari Wiring Information Release System yang telah dibuat ini dapat mempersingkat waktu siklus yang ada karena adanya proses komputasi terhadap desain system electrical dan avionic yang saling terintegrasi, dimulai dari proses olah data dari desain sampai menjadi beberapa laporan yang selanjutnya diberikan kepada customer. Sistem juga dapat meminimalisir aktivitas yang biasa terjadi berulang-ulang. Selain itu juga perusahaan dapat dengan mudah mengelola data yang ada sehingga menjadi lebih optimal dan effisien. Waterfall, Konvensional, Komputasi

Subjek

Modeling & analysis computer
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI SISTEM INFORMASI “WIRS” BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL (STUDI KASUS : PT. AVIOELECRAFT INDONESIA )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Mochamad Akbar Anggamaulana
Perorangan
Asep Mulyana; Yaman Udaya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini