SISTEM PERINGATAN DAN PENGATURAN PINTU PERLINTASAN KERETA API BERDASARKAN DETEKSI GETARAN

GUSTAF W SARAGIH

Informasi Dasar

115070025
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu alat transportasi tercepat di darat adalah kereta api. Hal ini disebabkan karena kereta api memiliki lintasan sendiri tanpa hambatan yaitu rel kereta api. Perlintasan rel kereta api dibuat banyak karena satu rel hanya bisa dilalui oleh satu kereta api saja. Jarak lintasan kereta api ditentukan dari jarak suatu stasiun ke stasiun lainnya. Jadi setiap lintasan pasti ada yang melewati jalan umum baik jalan raya maupun tidak. Tidak heran setiap perlintasan di jalan umum tersebut banyak kecelakaan karena tidak tersedia palang pintu yang mengamankan jika kereta api lewat. Apalagi petugas penjaga palang pintu kereta api lalai dalam tugasnya. Untuk mengatasi masalah ini maka diperlukan sistem palang pintu kereta api otomatis.

Maka dari itu, Tugas Akhir ini bertujuan untuk membuat alat yang bekerja secara otomatis mengatur palang pintu kereta api. Palang pintu otomatis ini dirancang dengan menggunakan mikrokontroler yang terintegrasi dengan sensor getar, sensor infrared dan motor DC. Pada sistem ini sensor getar berfungsi untuk mendeteksi datangnya kereta api melalui getaran yang ditimbulkan oleh kereta api. Setelah itu diproses oleh mikrokontroler untuk mengaktifkan motor DC yang berfungsi sebagai pembuka dan penutup palang pintu kereta api. Sedangakan sensor infra red berfungsi untuk mendeteksi kendaraan yang terjebak di rel kereta api. Jika ada kendaraan yang terjebak maka mikrokontroler akan mengaktifkan lampu indikator merah, sehingga masinis kereta yang datang mendapat sinyal awas dan melakukan pengereman sebelum mencapai perlintasan.

Penilitian ini dilakukan untuk menganalisis kelayakan alat pada sistem yang dibuat untuk dapat mendeteksi kereta api jauh dari palang pintu. Oleh karena itu jarak sensor dari palang pintu harus diletakkan dengan tepat dan jauh dari palang pintu dengan jarak 624 meter. Begitu juga dengan peletakan lampu indikator harus diletakkan sebelum sensor getar dengan jarak dari palang pintu 584 meter. Kereta api, sensor infra red, mikrokontroler, motor DC

Subjek

Otomation
 

Katalog

SISTEM PERINGATAN DAN PENGATURAN PINTU PERLINTASAN KERETA API BERDASARKAN DETEKSI GETARAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GUSTAF W SARAGIH
Perorangan
M. RAMDHANI; FIRMAN PRIMA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini