PERANCANGAN SINKRONISASI KECEPATAN GERAK KIPAS HUJAN BERDASARKAN CURAH HUJAN BERBASIS MIKROKONTROLER

VALDIMO YOSUA PUTRA HUTAHAEAN

Informasi Dasar

115080103
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sekarang ini teknologi elektronika berkembang dengan pesat demi kelangsungan hidup manusia . Teknologi ini diharapkan dapat mempermudah dan membantu meminimalisir kecelakaan bagi umat manusia. Umumnya kecelakaan pemakaian teknologi paling banyak terjadi di jalan raya. Beberapa bentuk kecelakaan dapat dipengaruhi oleh cuaca yang menganggu, contohn ya hujan lebat yang dapat menganggu jarak pandang pengemudi jika curah hujan tidak dapat disapu dengan baik. Kipas hujan yang difungsikan untuk membantu pengguna dalam mencapai jarak pandang aman berkendara seringkali gagal memenuhi kebutuhan. Perubahan ko ndisi hujan pada berbagai titik membuat ketidakstabilan ini terjadi. Kipas hujan pada umumnya digerakkan oleh motor dan diatur secara manual oleh pengguna sehingga terdapat ketidakstabillan gerak.
Pada kesempatan tugas akhir ini akan direalisasikan model k ipas hujan ( wiper ) yang bekerja secara otomatis sesuai dengan curah hujan. Pada sistem akan dirancang sebuah sensor yang dapat membaca keberadaan curah hujan secara spesifik dengan peletakkan yang disesuaikan. Sensor hujan ini kemudian akan dijadikan masuk kan bagi data hujan tersebut yang dihubungkan ke mikrokontroler. Mikrokontroler yang digunakan adalah ATMega16 yang nantinya hasil pembacaan ditampilkan pada LCD 16x2. Pada bagian penggerak digunakan motorservo untuk pemodelan pada bentuk kipas hujan dan s witch sebagai pengatur batas gerak yang disesuaikan. Untuk mendapatkan pengontrolan yang sesuai digunakan metode Fuzzy Logic Controller, metode ini dipakai sebagai keluaran mikrokontroler berdasarkan masukkan sensor. Diharapkan melalui metode ini didapat g erak perubahan yang sesuai pada motor dan lebih halus dan stabil
Dalam alat ini, pengontrolan gerak dari kipas hujan ( wiper ) akan menggunakan metode fuzzy logic controller . Pada metode logika fuzzy ini didapat bahwa motor dapat diatur sesuai dengan pembac aan masukkan dari sensor hujan, walau terdapat error sebesar 10%. Namun perubahan pada motor sudah cukup stabil dan sesuai walau pada saat pemberhentian masih sedikit lama diakibatkan pembacaan sensor yang terbatas dan perlahan. Kipas h ujan, Motor Servo, Sensor hujan, Fuzzy Logic .

Subjek

MIKROKONTROLLER
 

Katalog

PERANCANGAN SINKRONISASI KECEPATAN GERAK KIPAS HUJAN BERDASARKAN CURAH HUJAN BERBASIS MIKROKONTROLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VALDIMO YOSUA PUTRA HUTAHAEAN
Perorangan
M.Sarwoko; Budi Setiadi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini