Sistem Pencarian SPBU Terdekat Untuk Pengisian Bahan Bakar Kendaraan Beroda Dua Berbasis Android

Jayeng Widiatmoko

Informasi Dasar

115090019
681.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penerapan teknologi elektronika di dalam kehidupan manusia telah menghasilkan berbagai teknologi tepat guna yang dapat membantu manusia untuk mengatasi masalah-masalah yang muncul dalam kehidupan sehari-hari. Tidak jarang kita mendengar ada seorang pengendara sepeda motor yang mengalami kehabisan bahan bakar saat di perjalanan hanya karena lupa untuk mengisi bahan bakar kendaraannya atau karena panel volume bahan bakar pada kendaraannya rusak ataupun tidak akurat. Terlebih lagi jika pengendara sedang berada pada kota atau daerah yang tidak dikenalinya, maka pengendara akan kesulitan dalam mencari dan menentukan tempat pengisian bahan bakar (SPBU) terdekat dari posisinya berada.
Dalam tugas akhir ini dirancang suatu sistem peringatan level bahan bakar kendaraan yang hampir habis dan sistem pencarian SPBU terdekat dengan memanfaatkan teknologi GPS pada smartphone android. Untuk melakukan pembacaan volume bahan bakar, dirancang suatu sensor kapasitif silinder yang terbuat dari bahan alumunium pejal dan alumunium berongga yang berbentuk silinder.
Setelah dilakukan penelitian dan pengujian, dihasilkan sensor kapasitif yang mampu melakukan pembacaan volume beberapa zat cair, diantaranya adalah bensin dengan error sebesar 7,22%, solar dengan error 5,37%, oli pelumas dengan error 4,63%, serta minyak goreng dengan error 7,88%. Dan aplikasi Cari SPBU yang telah dibuat dapat mempermudah pengendara dalam pencarian SPBU terdekat berdasarkan jarak tempuh sisa bahan bakar kendaraan, serta efektif sebagai pengingat jika bahan bakar kendaraan hampir habis.
GPS, android, smartphone, SPBU, sensor kapasitif

Subjek

SENSOR
 

Katalog

Sistem Pencarian SPBU Terdekat Untuk Pengisian Bahan Bakar Kendaraan Beroda Dua Berbasis Android
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Jayeng Widiatmoko
Perorangan
Budhi Irawan; Junartho Halomoan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini