PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALARM RUMAH SAKIT DAN MEDICAL RECORD BERBASIS RFID DAN MIKROKONTROLER SECARA WIRELESS

Fitriani Hamzah

Informasi Dasar

115100025
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pelayanan pasiendi rumah sakit saat ini menjadi hal yang sangat penting diperhatikan oleh pihak rumah sakit demi kesembuhan pasien. Di ruang pasien, kita sering melihat tombol alarm yang digunakan oleh pasien jika membutuhkan bantuan. Keberadaan tombol yang biasanya dilet akkan di atas tempat tidur pasien dipandang kurang efektif dan sulit dijangkau oleh pasien jika pasien sedang sendiri di kamar dan tidak memiliki mobilitas yang cukup untuk menekan tombol tersebut. Selain alarm, pelayanan pasien juga dibutuhkan dalam rekam medis(medical record). Menulis rekam medis pasien secara manual kurang efektif dan membutuhkan lebih banyak kertas.

Pada tugas akhir ini dilakukan “ Perancangan dan Implementasi Alarm Rumah Sakit dan Medical Record Berbasis RFID dan Mikrokontroller secara Wireless ”. RFID tag yang berisi identitas pasien digunakan untuk mengakses medical record dan alarm melalui halaman website. Data RFID tag tersebut akan dibaca oleh reader dan mikrokontroler kemudian dimasukkan ke database di web server secara wireless.

Pada pengujian tugas akhir ini, diperoleh parameter Quality of Service (QoS) pada jarak 15 m dengan dua user dan keadaan penghalang yang lebih dominan dibanding dua jarak pengamatan lainnya yaitu delay sebesar 117,8 ms, throughput sebesar 6156,867 bytes/sec, jitter sebesar 146,3 ms dan packet loss sebesar 0 %. Nilai parameter QoS tersebut masih dapat ditoleransi menurut kategori TIPHON sehingga sistem alarm dan medical record dapat diimplementasikan pada jaringan Wireless LAN.
RFID tag, RFID reader, mikrokontroler, medical record, wireless.

Subjek

MICROCONTROLLER
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALARM RUMAH SAKIT DAN MEDICAL RECORD BERBASIS RFID DAN MIKROKONTROLER SECARA WIRELESS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fitriani Hamzah
Perorangan
Ir. Porman Pangaribuan, MT.; Erwin Susanto, ST., MT., PhD
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini