PERANCANGAN BUSINESS CONTINUITY PLAN PADA IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING PERUSAHAAN MUFEE BANDUNG MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5

Raissa Aulia Rahmawati

Informasi Dasar

116091014
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi Informasi merupakah salah satu komponen yang tidak terpisahkan dari kemajuan dunia bisnis pada era G lobal .Teknologi Informasi juga menjadi pendukung utama terselenggaranya proses bisnis bagi Small Medium Enterprise (SME) sebagai salah satu wujud usaha ekonomi kerakyatan yang sangat besar kontribusinya dalam perekonomian suatu negara. Banyak SME mulai mengimpl ementasikan Enterprise Resource Planning (ERP) sebagai salah satu Teknologi Informasi yang diharapkan dapat mendukung dalam bersaing di pasar global. Implementasi ERP bukan hal yang mudah bagi sebuah SME. Namun, banyaknya SME yang telah gagal dan bangkrut dalam mengimplementasikan ERP tidak meny urutkan Perusahaan Mufee yang bergerak dalam produksi, distribusi, dan pemasaran Busana Muslim Anak ke seluruh Indonesia dan Malaysia untuk mengimplementasikan ERP. Perusahaan Mufee harus tetap dapat menjalankan proses bisnisnya dengan aman dan meminimalis ir gangguan akibat pengimplementasian ERP dengan cara yang tepat.


Agar Perusahaan Mufee tetap survive menjalankan bisnisnya selama mengimplementasikan ERP, ma ka dibutuhkan suatu dokumentasi dari strategi, prosedur, sumber daya, struktur organisasi dan data base informasi yang digunakan perusahaan dalam m e mberikan respon, melakukan pemulihan, mengulangi dan melanjutkan kegiatan dalam segala keadaan atau insiden yang mengganggu, yakni dengan menerapkan suatu business continuity plan (BCP).

Perancangan BCP pada Perusahaan Mufee dilakukan dengan menggunakan framework COBIT 5 untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan memperoleh status ideal bagi Perusahaan mufee dalam mengimplementasikan BCP. Proses analisis risiko ( business impact analysis ) d ilakukan dengan menggun akan framework NIST utnuk mengetahui proses bisnis yang memiliki nilai risiko yang tinggi serta menentukan prioritas pemulihan fungsi dan sumber daya sistem.

Hasil perancangan BCP pada Perusahaan Mufee mendapati bahwa Perusahaan harus memilki divisi IT, ag ar pelaksanaan imp lem e ntasi BCP dan ERP dapat terstruktur dan jelas tanggung jawabnya.

Perancangan BCP pada Perusahaan Mufee menggunakan Framework COBIT 5 dan NIST disesuaikan dengan kebutuhan Perusahaan, karena setiap perusahaan tidak selalu akan mengimpl ementasikan keseluruhan prosedur pada framework yang telah ditentukan, dikarenakan kondisi kebutuhan dan lingkungan setiap perusahaan tidak selalu sama. Perancangan BCP lebih baik dilakukan oleh pihak internal perusahaan, karena data perusahaan banyak yang bersifat rahasia.

Dokumen BCP harus diperbarui secara terus

menerus karena seiring dengan perkembangan Perusahaan, masalah yang dihadapi bisa berbeda.

Business Continuity Plan , Business Impact Analysis , kontinuitas bisnis Enterprise Resource P lanning , COBIT 5, NIST

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

PERANCANGAN BUSINESS CONTINUITY PLAN PADA IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING PERUSAHAAN MUFEE BANDUNG MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Raissa Aulia Rahmawati
Perorangan
Murahartawaty, S.T.,M.T; Lukman Abdurrahman, Ir,.MIS,.QIA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini