PERANCANGAN SERVICE DESIGN PADA LAYANAN POSINDO ENTERPRISE RESOURCE PLANNING DI PT POS INDONESIA MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL VERSI 2011

Prefiks Wahyu Febrina

Informasi Dasar

116100070
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Pos Indonesia merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa keuangan,logistik, surat dan paket di Indonesia.Terkait dengan peraturan menteri BUMN nomor : PER – 01/MBU/2011 tentang penerapan GCG( Good Corporate Governance ), maka PT Pos Indonesia sebagai salah satu BUMN di Indonesia wajib untuk melaksanakan kebijakan tersebut.Namun, sesuai dengan hasil audit external yang dilakukan pada PT Pos Indonesia, dihasilkan nilai maturity level implementasi IT governance yang relatif rendah yaitu 1,2 dari nilai maksimal 5,0 (COBIT 4.1). Oleh karena itu PT Pos Indonesia berupaya untuk menaikkan nilai kematangan implementasi e-governance menjadi 3.0 sesuai dengan PER – 01/MBU/2013. Untuk itu, dibutuhkan adanya desain terhadap layanan yang ada menggunakan framework ITIL karena framework ITIL cocok digunakan pada perusahaan berbasis jasa seperti PT Pos Indonesia. Pada framework ITIL khususnya pada domain service design terdapat beberapa proses seperti design coordination , service catalogue management, service level management, availability management dan capacity management. Layanan pada PT Pos Indonesia terbagi atas layanan utama dan layanan pendukung. Layanan utama terdiri dari financial services, mail dan logistic. Sedangkan layanan pendukung terdiri dari POSINDO ERP dan POSINDO suporting information system .Penelitian ini fokus pada layanan pendukung POSINDO ERP. Penelitian ini menggunakan analisa SWOT untuk menentukan strategi organisasi. Selain itu juga digunakan analisa risiko terkait dengan layanan yang akan dan sedang dikembangkan. Analisa SWOT dan risiko digunakan untuk memetakan prioritas solusi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah dokumen design coordination, dokumen service catalogue management , dokumen service portofolio , dokumen service catalogue , dokumen service level agreement , dokumen operational level agreement , dokumen service level requirement , dokumen service improvement plan , dokumen service quality plan, dokumen availability plan dan dokumen capacity plan.

ITIL, service design , GCG, ERP, maturity level , BUMN

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

PERANCANGAN SERVICE DESIGN PADA LAYANAN POSINDO ENTERPRISE RESOURCE PLANNING DI PT POS INDONESIA MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL VERSI 2011
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Prefiks Wahyu Febrina
Perorangan
Murahartawaty, ST., MT; Rahmat Mulyana, ST., MT., MBA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini