PENGARUH KUALITAS AUDIT, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015)

KARTIKA KHAIRUNISA

Informasi Dasar

17.04.1079
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dari sisi perusahaan, pajak merupakan salah satu faktor pengurang pendapatan, sedangkan tujuan perusahaan adalah memaksimalkan nilai perusahaan dengan cara memperoleh laba maksimum. Perbedaan kepentingan tersebut menimbulkan upaya meminimalisasi pajak yang disebut juga tax avoidance. Tax avoidance adalah upaya wajib pajak untuk dapat meminimalkan beban pajaknya seminimal mungkin dengan tidak melanggar undang-undang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh dari kualitas audit, corporate social responsibility, dan ukuran perusahaan terhadap tax avoidance pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011-2015. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011-2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu puposive sampling dan diperoleh 10 perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman dengan periode pengamatan selama 5 (lima) tahun sehingga didapat 50 unit sampel dalam penelitian ini. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil kombinasi antara kualitas audit, corporate social responsibility, dan ukuran perusahaan dapat menjelaskan atau mempengaruhi variabel dependen tax avoidance sebesar 75,16%, sedangkan sisanya sebesar 24,84% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas audit, corporate social responsibility, ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance. Secara parsial, kualitas audit dan corporate social responsibility berpengaruh negatif terhadap tax avoidance, sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap tax avoidance.

Kata Kunci: Kualitas Audit, Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Tax Avoidance

Subjek

ACCOUNTING-RESEARCH
 

Katalog

PENGARUH KUALITAS AUDIT, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KARTIKA KHAIRUNISA
Perorangan
DINI WAHJOE HAPSARI, WIWIN AMINAH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini