PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN NILAI PERUSAHAAN TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (Studi Kasus pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index tahin 2011-2015)

HERMAWATI NURCIPTANING ARUM

Informasi Dasar

17.04.1080
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Perataan laba adalah sebuah strategi dimana manajemen meningkatkan atau menurunkan laba untuk mengurangi fluktuasinya. Untuk mengurangi fluktuasi laba, manajemen biasanya memindahkan pendapatan dari periode yang memiliki pendapatan yang tinggi ke yang rendah. Perataan laba adalah salah satu bentuk umum dari manajemen laba. Perataan laba diukur dengan menggunakan Indeks Eckel (1981) dimana indeks tersebut dapat membedakan antara perusahaan-perusahaan yang melakukan perataan laba dan yang tidak melakukan. Eckel menggunkana Coefficient Variation untuk laba dan pendapatan bersih. Indeks yang memiliki hasil kurang dari 1 maka digolongkan sebagai perata dan termasuk ke dalam kategori 1, sedangkan indeks yang memiliki hasil lebih dari 1 digolongkan sebagau bukan perata dan termasuk ke dalam kategori 0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen yaitu profitabilitas, ukuran perusahaan, dan nilai perusahaan terhadap variabel dependen yaitu perataan laba. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index pada tahun 2011 hingga 2015. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang menghasilkan 11 sampel dalam kurun waktu 5 tahun sehingga total sampel pada penelitian ini sebanyak 55 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel profitabilitas, ukuran perusahaan, dan nilai perusahaan berpengaruh terhadap praktik perataan laba. Secara parsial, variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap praktik perataan laba, sedangkan variabel nilai perusahaan berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap praktik perataan lba. Kata kunci: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan, Perataan Laba

Subjek

ACCOUNTING-RESEARCH
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN NILAI PERUSAHAAN TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (Studi Kasus pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index tahin 2011-2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HERMAWATI NURCIPTANING ARUM
Perorangan
MOHAMAD RAFKI NAZAR, WIWIN AMINAH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini