PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM 3D LASER SCANNER DENGAN ALGORITMA EDGE DETECTION DAN PENGGABUNGAN POINT CLOUD

DAVID RICARDO

Informasi Dasar

17.04.1096
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini manusia sangat bergantung kepada proses digitalisasi karena dinilai dapat mempermudah manusia dalam melakukan pengiriman, pengarsipan, pengeditan, dan duplikasi. Seperti yang terdapat pada teknologi yang sedang berkembang saat ini, yaitu teknologi 3D Laser Scanner. Sistem 3D Laser Scanner adalah teknologi yang dapat melakukan proses pemindaian objek nyata ke dalam bentuk model digital 3 dimensi.

Dalam penelitian ini, dilakukan perancangan sistem 3D Laser Scanner yang melibatkan beberapa komponen utama, yaitu laser berwarna merah, kamera, mikrokontroler, aktuator, dan komputer. Kamera, laser, dan objek ditempatkan dengan teknik triangulasi. Laser dipancarkan ke objek yang sedang diputar sebanyak 1 putaran penuh menggunakan aktuator. Selama proses pemutaran objek tersebut, kamera mengambil gambar cahaya laser yang dipancarkan ke objek. Kemudian warna cahaya laser tersebut dideteksi dengan melihat intensitas maksimum di setiap baris piksel pada layer red di setiap frame-nya. Tiap piksel hasil deteksi tersebut kemudian diolah kedalam bentuk titik koordinat x,y,z atau pointcloud menggunakan perhitungan matematis trigonometri. Pointcloud dari tiap frame tersebut digabungkan menjadi kesatuan array yang kemudian direkonstruksi sehingga terbentuk objek digital 3 dimensi.

Performansi hasil scanning pada Tugas Akhir ini didapat dengan melihat kemiripan antara rasio ukuran hasil scanning dengan rasio ukuran objek nyata. Hasil terbaik didapatkan saat sudut antara kamera dan sumber laser sebesar 45°, dimana nilai rasio tiap sisi objek kubus hasil scanning sebesar 0.991:1.003:1 dengan rasio ukuran objek nyata sebesar 1:1:1, kemudian rasio antara diameter dan tinggi tabung hasil scanning sebesar 1:0.680 dengan rasio original sebesar 1:0.667.

Kata kunci :3D Laser Scanner System, Color detection, triangulasi, embedded system.

Subjek

IMAGE PROCESSING
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM 3D LASER SCANNER DENGAN ALGORITMA EDGE DETECTION DAN PENGGABUNGAN POINT CLOUD
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DAVID RICARDO
Perorangan
INUNG WIJAYANTO, SUGONDO HADIYOSO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • TT3113 - PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL
  • FEG2A3 - TEKNIK DIGITAL
  • TTH4P3 - COMPUTER VISION

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini